Berita  

Lakukan Verifikasi Keaslian Meterai Melalui 4 Tahap

Jakarta, CNBC Indonesia – Jangan sampai tertipu dengan e-Meterai palsu. Anda dapat memeriksa keasliannya melalui beberapa langkah mudah.

Beberapa waktu lalu, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) telah mengungkap kasus e-Meterai palsu. Modusnya adalah pembelian cap bukti pembayaran pajak secara online melalui marketplace dan pembeli diminta mengirimkan dokumennya dalam format word.

Penipuan ini dapat merugikan pembeli dari segi keuangan dan juga dapat membocorkan data karena dokumen yang diberi meterai berisi informasi data penting dari pembeli dan penerima.

Untuk menghindari menjadi korban e-Meterai palsu, Anda harus memeriksa keasliannya dengan teliti. Berikut tipsnya, yang dikutip dari laman Privy.id, Kamis (19/10/2023):

1. Ketahui Ciri-ciri e-Meterai Asli

Salah satu ciri e-Meterai asli adalah bahwa hanya dapat ditempelkan pada dokumen dengan format Pdf. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika ada penjual yang meminta mengirimkannya melalui file berbentuk word.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik e-Meterai asli:

– Memiliki kode unik. Setiap e-Meterai asli akan memiliki kode yang berbeda, jadi Anda harus curiga jika e-Meterai memiliki nomor kode yang sama dengan yang sebelumnya dimiliki.
– Pastikan gambar garudanya benar, termasuk warna dan arah kepalanya.
– Tulisan yang benar adalah “Meterai” bukan “Materai”. Tulisan “Meterai Elektronik” juga akan terlihat di atas e-Meterai.
– Terdapat nominal harga dalam bentuk angka dan huruf kapital.

2. Cek di Laman Resmi Peruri

Anda dapat memeriksa keasliannya dengan memindai dokumen resmi di laman resmi Peruri sebagai penerbit e-Meterai, yaitu melalui verification.peruri.co.id.

Caranya adalah dengan mengunggah file berisi e-Meterai pada kotak yang tersedia dan centang bagian “I’m not robot”. Berikutnya, isi kolom captcha dan tunggu proses validasi berlangsung.

Jika asli, maka akan ditampilkan data tentang dokumen tersebut, mulai dari status verifikasi, tanggal tandatangan, hingga nomor kode.

3. Memindainya di Aplikasi Peruri Scanner

Pengecekan lainnya juga dapat dilakukan melalui aplikasi Peruri Scanner. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store maupun App Store. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

– Buka aplikasi.
– Letakkan scanner tepat di depan QR code e-Meterai Anda.
– Klik scan.
– Jika asli, akan muncul lambang PERURI, serangkaian nomor unik, tanggal, dan jam pembelian.
– Meterai palsu tidak akan lolos verifikasi ini karena PERURI telah menggunakan teknologi digital signature X.509 SHA 512 yang dilengkapi dengan 3 fitur keamanan tambahan. Teknologi ini hanya bisa terlihat di dalam aplikasi dan dapat memunculkan panel tanda tangan pada Adobe Acrobat.

4. Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Cara pengecekan terakhir adalah dengan mengunggah dokumen ke aplikasi Adobe Acrobat Reader. Jika e-Meterai asli, maka akan ditampilkan data tentang status “Signed by Meterai Elektronik”, kode unik yang sesuai, alasan dan lokasi penempelan, dan tanggal terakhir kali diedit.

(npb)

Exit mobile version