Berita  

Mengerikan! Kenali 5 Tanda-tanda HP Disadap Secara Remote

Jakarta, CNBC Indonesia – Belakangan ini, ancaman penyadapan pada telepon genggam semakin marak. Oleh karena itu, pengguna HP harus waspada terhadap ancaman tersebut.

Para pelaku yang tidak bertanggung jawab menggunakan berbagai modus untuk mencuri data penting dari smartphone Anda.

Ternyata, penyadapan HP dapat dikenali dengan mudah. Anda dapat menghindarinya dengan mengetahui tanda-tanda berikut ini.

Mengutip dari Techlicious Sabtu (21/10/2023), berikut ini adalah 5 tanda kemungkinan HP yang sedang disadap:

1. Masalah Baterai
Salah satu tanda bahwa HP Anda sedang disadap adalah baterainya tiba-tiba mengalami masalah. Jika baterai tiba-tiba cepat terkuras habis, Anda perlu curiga.

Sebenarnya, masa pakai baterai ponsel akan berkurang seiring dengan penggunaan. Namun, adanya malware atau aplikasi mata-mata yang menyusup dapat menggunakan banyak sumber daya dengan tujuan mengirimkan informasi ke server kriminal.

2. Performa Menjadi Lamban
Kemungkinan lain adalah performa smartphone menjadi lambat dan aplikasi sulit diakses. Beberapa aplikasi mungkin akan tetap berjalan meski sudah ditutup atau ponsel melakukan restart berulang kali.

Jika HP sedang disadap, malware yang masuk ke perangkat akan membebani sumber daya ponsel. Hal ini dapat menyebabkan bentrok dengan aplikasi lain.

3. Penggunaan Data yang Tinggi
Selain baterai, para hacker juga akan menguras data korban. Korban biasanya baru menyadarinya saat tagihan atau penggunaan data internet melonjak tinggi.

Hal ini disebabkan oleh malware atau aplikasi mata-mata yang terus berjalan. Sistem ini terus-menerus mengirimkan informasi kembali ke server pelaku.

4. Telepon atau SMS yang Aneh
Anda juga perlu waspada jika menerima panggilan atau SMS dari nomor yang tidak dikenal atau misterius. Anda dapat memeriksa tagihan telepon untuk mencari tahu apakah ada biaya yang tidak dikenali dari penggunaan tersebut.

5. Iklan Pop-up
Sebagai catatan, tidak semua iklan pop-up menandakan bahwa HP Anda telah diretas. Namun, pengguna tetap perlu berhati-hati jika hal ini terjadi pada perangkat mereka.

Iklan pop-up bisa menunjukkan adanya adware di dalam HP, yaitu salah satu jenis malware yang memperoleh klik dan uang dari korban.

Dalam menjaga keamanan HP Anda, selalu waspada terhadap tanda-tanda tersebut.