Berita  

WhatsApp tidak akan lagi didukung di 9 Tipe HP Ini

Tidak lama lagi sejumlah ponsel tidak akan bisa menggunakan WhatsApp. Ini akan berlaku pada HP yang menggunakan sistem operasi (OS) lawas.

Kebijakan ini akan mulai berlaku pada 24 Oktober 2023 atau dua hari lagi. Semua jenis ponsel, baik Android maupun iPhone, akan terdampak oleh kebijakan WhatsApp tersebut.

Misalnya pada HP Android yang masih menggunakan versi Android 4.4.4 tidak akan bisa lagi mengakses WhatsApp. Kecuali ponsel Anda sudah menggunakan Android 5 atau yang lebih baru.

Jika Anda tidak mengetahui jenis OS yang digunakan, Anda dapat mengeceknya melalui Pengaturan HP Android yang digunakan. Berikutnya, masuk ke menu “About” dan “Android Version”.

iPhone dengan iOS lama juga tidak terkecuali dari kebijakan ini. Kecuali iPhone yang telah mendukung iOS 12 atau yang lebih baru masih dapat menggunakan WhatsApp setelah tanggal 24 Oktober 2023 mendatang.

Kebijakan ini tidak begitu berdampak bagi banyak pengguna Android maupun iPhone karena penggunanya sudah jauh lebih sedikit.

Dilaporkan bahwa pengguna OS Android 4.4.4 sudah lebih sedikit. Bahkan Android 6 terbaru hanya digunakan 1,69% dari keseluruhan pengguna Android per data Mei 2023 lalu.

Jika Anda masih menggunakan HP dengan OS lama dan masuk dalam daftar blokir, disarankan untuk menggantinya dengan ponsel yang sudah mendukung sistem operasi terbaru.

Berikut adalah daftar HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp mulai 24 Oktober 2023:
– HTC One Sony Xperia Z
– LG Optimus G Pro
– Samsung Galaxy S2
– Samsung Galaxy Nexus
– HTC Sensation
– Motorola Droid Razr
– Sony Xperia S2
– iPhone 5
– iPhone 5C

Sumber: CNBC Indonesia