Berita  

Cawapres Prabowo Gibran, Reaksi Netizen pada PDIP Mendebarkan

Calon Presiden (Capres) dari Partai Gerindra Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan bahwa ia akan menggandeng Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres). Pengumuman tersebut dilakukan setelah pertemuan antara para ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo di Kartanegara pada hari Minggu (22/10) kemarin.

Dengan ini, pasangan capres-cawapres yang akan bersaing dalam Pilpres 2024 telah lengkap. Ganjar-Mahfud MD dan Anies-Cak Imin sudah mendaftarkan diri mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sementara itu, Prabowo mengatakan akan mendaftar ke KPU pada tanggal 25 Oktober mendatang.

Setelah pengumuman Prabowo-Gibran, warganet atau netizen langsung membanjiri media sosial dengan berbagai komentar. Topik seputar ‘PDIP’ menjadi trending topic hari ini. Terdapat lebih dari 29.700 cuitan yang terkait dengan PDIP. Diketahui bahwa Gibran adalah seorang kader partai tersebut yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri. PDIP sendiri mendukung pasangan Ganjar-Mahfud MD sebagai capres-cawapres.

Beberapa komentar dari warganet juga muncul terkait hal ini. Misalnya, akun @RomitsuT di Twitter menyatakan bahwa ini semua hanyalah drama dan strategi politik untuk menang dan mengalahkan pasangan AMIN. Akun @narkosun juga menyinggung bahwa Gibran terkesan berbohong dalam beberapa pernyataannya terkait keikutsertaannya dalam PDIP dan dukungannya kepada Prabowo. Akun @HusinShihab berpendapat bahwa pada tahun politik ini, kesadaran politik masyarakat sedang diuji. Sedangkan akun @bachrum_achmadi menyebut bahwa PDIP kena prank dari kader terbaiknya sendiri.

Selain topik mengenai PDIP, beberapa topik lain juga menjadi terpopuler di media sosial, seperti ‘Keputusan MK’, ‘Golkar’, ‘Demokrat’, ‘Anies’, dan ‘Golput’.