Berita  

Nasib Proyek Bakti Lain Setelah Satelit HBS Rp 5,2 T Disetop Dimana?

Proyek Hot Back Up Satellite (HBS) telah dihentikan. Meski begitu, proyek lain dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) tetap akan dilanjutkan. Proyek HBS dihentikan setelah kontraknya berakhir pada 19 Oktober 2023. Anggaran yang seharusnya digunakan untuk proyek HBS akan direalokasikan untuk perluasan dan peningkatan akses serta konektivitas digital nasional.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, menyatakan harapannya agar hanya proyek HBS yang dihentikan. Terkait integrasi Palapa Ring, proyek tersebut akan tetap dilanjutkan. Termasuk juga proyek BTS dan Satria-1 yang akan dipercepat.

Saat ditanyakan mengenai kelanjutan proyek Satria-2, Usman menyatakan bahwa saat ini pihaknya masih fokus pada Satria-1. Satelit tersebut saat ini sedang dalam perjalanan menuju slot orbit setelah diluncurkan pada bulan Juni dengan kapasitas 150 Gbps.

Usman juga menjelaskan bahwa untuk proyek Satria-2 belum ada perkembangan. Karena saat ini mereka masih memikirkan operasionalisasi Satria-1, termasuk kesiapan stasiun penerima dan kerjasama dengan kementerian dan lembaga lainnya. Usman juga mengungkapkan bahwa operasional satelit membutuhkan pasokan listrik yang memadai, terutama di daerah pinggiran.

Satria-2 dibangun untuk meningkatkan kapasitas Satria-1. Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang melakukan pemutakhiran studi kelayakan untuk menyesuaikan desain satelit dengan kebutuhan kapasitas satelit nasional.

Satgas Bakti Kominfo, yang baru saja dibentuk, bertugas untuk mempercepat penyelesaian proyek BTS, HBS, Palapa Ring, dan Satria-1. Hingga tahun 2021, sudah tersedia 4.343 unit BTS dengan rencana untuk menghidupkan kembali 617 BTS melalui kontrak baru. Selain itu, Satgas juga bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah hukum, kebijakan pelaksanaan, dan keuangan dengan cepat dan transparan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Satgas juga memberikan arahan kebijakan dan rekomendasi kepada Bakti dalam rangka kerja sama dengan pihak terkait.