Berita  

Israel di Google Maps Tanpa Menunjukkan Palestina

Nama Palestina tidak pernah muncul saat dicari melalui Google Maps dan Apple Maps. Hal ini menjadi perdebatan di wilayah Arab beberapa tahun lalu. Pemilik akun Facebook Palestine International Broadcast menuduh Google Maps dan Apple Maps telah menghapus Palestina terkait rencana pencaplokan Palestina oleh Israel. Aksi ini dilakukan tanpa pernyataan resmi dari kedua perusahaan. Banyak netizen yang mengutuk langkah tersebut.

Juru bicara Google membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa mereka tidak pernah melakukan perubahan pada perbatasan atau wilayah tersebut. Mereka juga tidak pernah menggunakan label Palestina dalam layanan Google Maps. Sejumlah artikel yang dikutip juga menyatakan bahwa Google tidak pernah menggunakan label Palestina.

Menurut Christine Leuenberger, seorang dosen senior Cornell University, Palestina tidak akan pernah ada dalam layanan peta digital tersebut. Nama Palestina biasanya dikaitkan dengan sejarah Palestina sebelum pembentukan negara Israel dan tidak digunakan dalam media mainstream Barat. Wilayah Palestina biasanya ditunjukkan melalui garis demarkasi putus-putus yang berkonotasi dengan wilayah yang disengketakan. Ada juga istilah Tepi Barat dan Gaza yang digunakan dalam layanan peta digital tersebut.

Exit mobile version