Berita  

Mudahnya Solusi saat Data Seluler Aktif Tetapi Tidak Bisa Mengakses Internet

Mudahnya Solusi saat Data Seluler Aktif Tetapi Tidak Bisa Mengakses Internet

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kejadian tidak bisa internetan meskipun data seluler aktif. Ini bisa terjadi karena beberapa alasannya.

Misalnya terjadi error atau bug pada sistem di HP atau pengaturan jaringan otomatis aktif. Selain itu bisa juga karena serangan virus dan malware serta ada gangguan pada operator.

Masalah lainnya kemungkinan slot SIM Card yang bermasalah. Terakhir juga bisa akibat ponsel yang pernah di-root sebelumnya.

Anda bisa mencoba beberapa cara berikut jika mengalami masalah tersebut:

1. Aktifkan Mode Airplane
Anda bisa mengaktifkan mode pesawat atau airplane untuk mengatasi masalah internet tersebut. Aktifkan beberapa detik lalu matikan kembali.
Dengan cara ini, jaringan internet provider akan memperbarui diri dan mencari koneksi yang lebih baik. Langkah tersebut dinilai ampuh mengatasi masalah berhubungan dengan jaringan internet.

2. Setting Ulang APN
Cara lainnya adalah melakukan reset atau setting ulang APN operator yang digunakan. Biasanya saat pengaturan diubah, maka koneksi internet akan berubah, bisa lebih stabil, cepat atau bahkan hilang.
Jadi Anda perlu melakukan setting ulang dengan tepat. Dengan begitu tidak akan ada masalah dan jaringan internet bisa aktif kembali dengan normal.
Ini cara mengganti pengaturan APN di smartphone:
– Buka “pengaturan”
– Cari menu “Kartu SIM & Jaringan Seluler”
– Pilih opsi “Nama Titik Akses” (APN)
– Jangan mengganti yang sudah ada, tetapi pilih “Buat APN Baru”
– Terakhir, masukkan APN yang sesuai dengan kartu SIM yang digunakan

3. Lepas Sementara Kartu SIM
Anda juga bisa mencoba melepas sementara kartu SIM yang digunakan. Berikutnya bersihkan lempengan kuning di kartu dan pasang kembali ke tempat asalnya.
Sebagai informasi, semua kartu SIM memiliki lempengan kuningan. Ini yang membuat Anda dapat terhubung untuk keperluan telepon, SMS, dan internet.

4. Telepon Call Center Operator
Langkah berikutnya adalah dengan menelepon pihak call center. Mereka akan memberikan sejumlah solusi yang solutif untuk masalah yang tengah Anda alami.
Namun pastikan telah memiliki pulsa yang cukup sebelum menghubungi pihak call center. Karena biasanya panggilan tersebut dikenakan tarif berbayar.

5. Reboot Smartphone
Anda bisa me-reboot smartphone sambil mengaktifkan mode airplane. Setelah HP hidup kembali, matikan mode pesawat.
Banyak yang telah menggunakan cara ini dan terbukti berhasil. Ini juga dapat digunakan untuk mengatasi koneksi internet yang lemot atau bahkan data seluler yang tidak aktif sama sekali.

6. Mengalihkan Jaringan Secara Manual
Langkah lain yang bisa Anda tempuh adalah mengalihkan jaringan secara manual di smartphone. Misalnya jika menggunakan jaringan 4G LTE only, dapat dialihkan ke 2G atau 3G lalu kembali lagi ke 4G.

7. Cek Sisa Kuota
Internet tidak bisa berfungsi juga bisa karena kuota yang habis. Coba cek kembali kuota yang Anda miliki, jika ternyata habis pastinya membeli dulu paket internet baru.

8. Membersihkan File Cache Pada Smartphone
Terakhir adalah dengan membersihkan file Cache. File ini bisa menimbulkan masalah seperti bug atau error yang mengakibatkan smartphone tidak bisa digunakan untuk internetan.
Berikut langkah membersihkan File Cache:
– Pastikan Android Anda sudah dalam keadaan mati
– Tekan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan
– Anda akan masuk ke Recovery Mode
– Tap opsi “Wipe Cache Partition”
– Jika sudah selesai, tap lagi menu “Reboot System”

[Artikel Selanjutnya]
Video: Satria-1 & Cita-cita Akses Internet Yang Merata

(npb)