Berita  

Fitur Unggulan dan Daftar Smartphone yang Menggunakan Xiaomi HyperOS

Xiaomi telah menggunakan MIUI sebagai sistem operasi untuk semua produk HP-nya selama lebih dari satu dekade. Namun, Xiaomi akhirnya harus membuka lembaran baru dengan mengganti MIUI ke HyperOS.

Pabrikan China itu baru saja meluncurkan HyperOS yang diklaim sebagai sistem operasi dengan ukuran firmware paling kecil di industri saat ini.

Sistem operasi ini juga memberikan peningkatan pada aspek keamanan, performa, dan kemampuan multitasking. Apa saja yang baru dari HyperOS? Berikut dirangkum CNBC Indonesia, Jumat (27/10/2023) dari Gizmochina.

Lebih Personal

HyperOS memberikan kemampuan personalisasi yang lebih dalam pada antarmuka-nya. Pengguna bisa melakukan custom pada lockscreen, dengan memanfaatkan berbagai jenis template, font, dan widget, yang lebih kaya ketimbang di MIUI.

Pusat kontrolnya juga sudah diperbarui dan tampak lebih mengalir ketimbang MIUI 14. Namun, ikon-ikon aplikasi masih identik dengan pendahulunya.

Ukuran Firmware dan Keamanan

Xiaomi juga menambahkan beberapa fitur keamanan baru. Salah satunya TEE system yang dikembangkan sendiri. Fitur ini akan memroses konten sensitif secara terpisah.

Pengguna juga bisa mengontrol izin untuk akses internet, sehingga akan mendapatkan transparansi yang lebih jelas untuk setiap koneksi yang dijalankan oleh HP.

Xiaomi mengatakan ukuran firmware pada HyperOS bisa disesuaikan dengan kebutuhan perangkat. Sebagai default, ukuran firmware-nya cuma 8.75GB atau paling kecil di pasaran saat ini. Umumnya, firmware di HP memiliki ukuran di atas 10GB, bahkan bisa puluhan GB.

Fitur AI

HyperOS dilengkapi model AI yang sudah terbenam secara otomatis. Ada asisten pintar yang dinamai Xiaoai untuk menciptakan teks, memindai dokumen untuk mengenali teks, mengubah doodle menjadi lukisan, serta pencarian gambar yang lebih cerdas.

Ekosistem Lebih Mulus

Seperti dijanjikan oleh CEO Xiaomi Lei Jun, HyperOS akan memberikan pengalaman untuk berpindah-pindah perangkat dalam ekosistem Xiaomi yang lebih mulus. HyperOS memungkinkan peralihan aplikasi yang kompatibel ke berbagai perangkat.

Misalnya, Camera Collaboration yang memungkinkan Anda menggunakan kamera utama HP pada PC saat melakukan panggilan video agar kualitasnya lebih baik.

Ada juga fitur Network Collaboration yang memungkinkan pengguna meningkatkan konektivitas pada perangkat-perangkat lain dengan meminjam akses 5G pada HP. Selain itu, ada Focus Notification yang memungkinkan pengguna mengakses semua notifikasi dari berbagai perangkat sekaligus.

Performa

Dalam pemaparannya, HyperOS disebut sebagai sistem operasi dengan peningkatan performa paling signifikan. Sistem ini memberikan fitur manajemen memori yang meningkat, sehingga menyokong kecepatan HP dan performa pada background aplikasi.

Sistem file-nya telah dioptimalkan untuk menjaga performa input dan output. Untuk grafis, ada fitur pemulus secara real-time agar pengalaman visual bergerak (motion) anti-lag.

Kapan HyperOS Bisa Diinstal?

Nah, pertanyaan paling ditunggu-tunggu adalah ketersediaan sistem operasi ini. Xiaomi mengatakan HyperOS mulai tersedia pada Desember 2024 untuk HP yang dirilis di China. Sementara itu, ketersediaan globalnya baru mulai pada kuartal pertama 2024 mendatang.

Beberapa perangkat pertama yang akan kebagian HP ini adalah Xiaomi 14, Redmi K60 Extreme Edition, dan Xiaomi Pad 6 Max.

Daftar HP Xiaomi Kebagian HyperOS

– Xiaomi 14 (pre-installed)
– Xiaomi 13T Pro
– Xiaomi 13T
– Xiaomi 13 Ultra
– Xiaomi 13 Pro
– Xiaomi 13 Lite
– Xiaomi 12T Pro
– Xiaomi 12T
– Xiaomi 12 Lite 5G
– Xiaomi 12S Ultra
– Xiaomi 12S Pro
– Xiaomi 12S
– Xiaomi 12 Pro Dimensity
– Xiaomi 12 Pro
– Xiaomi 12
– Xiaomi 12X
– Xiaomi 11T Pro
– Xiaomi 11T
– Xiaomi 11 Ultra
– Xiaomi 11 Pro
– Xiaomi 11
– Xiaomi Mi 11X
– Xiaomi Mi 11X Pro
– Xiaomi Mi 11i
– Xiaomi 11i / 11i Hypercharge
– Xiaomi 11 Lite 4G
– Xiaomi 11 Lite 5G NE
– Xiaomi 11 Lite 5G
– Xiaomi 10S
– Xiaomi MIX FOLD
– Xiaomi MIX FOLD 2
– Xiaomi MIX FOLD 3
– Xiaomi MIX 4

Exit mobile version