Berita  

Mengatasi Masalah YouTube Tidak Bisa Dibuka pada Perangkat HP: Penyebab dan Solusinya

Mengatasi Masalah YouTube Tidak Bisa Dibuka pada Perangkat HP: Penyebab dan Solusinya

Jakarta, CNBC Indonesia – Terdapat beberapa penyebab yang membuat aplikasi YouTube tidak dapat dibuka di HP. Hal tersebut bisa disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil atau faktor lainnya.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab YouTube tidak bisa dibuka di HP, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Koneksi internet buruk
Masalah yang paling mungkin terjadi dan paling mudah untuk dipecahkan jika YouTube tidak bisa dibuka di HP adalah koneksi internet yang buruk. Jika menggunakan HP, Anda dapat melihat ikon status di bagian atas layar untuk memastikan apakah Anda memiliki koneksi Wi-Fi atau seluler. Jika ragu, buka aplikasi Pengaturan HP dan matikan Wi-Fi, lalu hidupkan kembali.

Anda juga dapat memeriksa akses internet dengan mencoba aplikasi lain yang memerlukan koneksi, seperti Netflix atau mencoba mengirim dan menerima email.

2. YouTube sedang down
YouTube adalah layanan streaming video yang relatif dapat diandalkan, namun situs ini terkadang mengalami gangguan. Jika Anda yakin tidak ada masalah dengan akses internet, Anda dapat memeriksa apakah layanan YouTube sedang offline sebelum mencari alasan atau solusi masalah lainnya. Cara termudah untuk memeriksanya adalah dengan membuka laman status YouTube di DownDetector, atau mencari “Apakah YouTube tidak aktif” di penelusuran Google. DownDetector biasanya berada di bagian atas hasil penelusuran. Jika situs sedang down, tunggu beberapa saat dan coba lagi nanti.

3. Cache dan data YouTube penuh
Salah satu penyebab lainnya mengapa YouTube tidak bisa dibuka adalah karena cache YouTube sudah penuh. Saat cache penuh, hal ini membuat aplikasi YouTube berjalan lambat atau ngehang. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu menghapus cache YouTube.

– Android:
Buka Pengaturan
Masuk ke Aplikasi atau Aplikasi
Gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi YouTube, lalu pilih Penyimpanan & cache
Pilih Hapus cache

– iPhone:
Sayangnya, tidak ada cara untuk menghapus cache pada aplikasi iOS. Satu-satunya cara efektif untuk melakukannya adalah dengan mencopot pemasangan dan memasang ulang aplikasi.
Cari aplikasi YouTube yang sudah diunduh di iPhone
Tahan beberapa detik sampai muncul notifikasi Hapus YouTube
Kemudian klik Hapus Aplikasi
Masuk ke App Store dan unduh ulang YouTube

4. Belum update ke versi terbaru
Menjalankan aplikasi versi lama biasanya tidak menjadi masalah, namun terkadang dapat menyebabkan beberapa masalah penggunaan. Pastikan Anda menggunakan aplikasi versi terbaru dan rutin memeriksa pembaruan aplikasi.

– Cara update aplikasi Android:
Buka Google Play Store.
Ketuk ikon profil.
Masuk ke Kelola Aplikasi & Perangkat.
Pilih Pembaruan Tersedia.
Temukan YouTube dan periksa apakah ada pembaruan.
Tekan tombol Perbarui di sebelahnya.

– Cara update aplikasi iPhone:
Buka Apple App Store.
Ketuk ikon Profil.
Di bawah Pembaruan Otomatis Mendatang, cari YouTube dan ketuk Perbarui di sebelahnya.

5. Waktu dan tanggal tidak sinkron
Pengaturan tanggal dan waktu yang tidak benar dapat menyebabkan YouTube tidak dapat disinkronkan. Server Google mungkin mengalami masalah saat menyinkronkan jika Anda tidak mengaturnya dengan benar. Berikut ini cara menyinkronkan tanggal dan waktu pada HP Anda.

– Cara menyinkronkan tanggal dan waktu di Android:
Buka aplikasi Pengaturan.
Ketuk Sistem.
Masuk ke Tanggal & Waktu.
Aktifkan Atur waktu secara otomatis.
Aktifkan Tetapkan zona waktu secara otomatis.
Aktifkan Gunakan lokasi untuk mengatur zona waktu.

– Cara menyinkronkan tanggal dan waktu di iPhone:
Buka Pengaturan.
Masuk ke Umum.
Pilih Tanggal & Waktu.
Pastikan Atur Secara Otomatis diaktifkan.

Artikel Asli: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201112155609-37-201983/youtube-tidak-bisa-dibuka-di-hp-begini-solusinya