Berita  

Meningkatnya Penggunaan Teknologi AI di Industri dan Peluang Bisnis Cloud RI yang Menjanjikan

Jakarta, CNBC Indonesia – Layanan cloud di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Menurut data dari IDC, pertumbuhannya mencapai US$933 juta atau Rp 14,6 triliun pada tahun 2023.

Anang Efendy, Country Manager Enterprise and Public Sector Google Cloud Indonesia, menyatakan bahwa Google Cloud juga merasakan pertumbuhan industri cloud di Indonesia sejalan dengan perkembangan digital informasi yang pesat di negara ini.

Anang mencatat ada tiga tahapan pertumbuhan industri cloud, yaitu era virtualisasi yang terjadi ketika bisnis startup berkembang, kemudian saat pandemi COVID-19 yang mendorong perusahaan tradisional untuk memanfaatkan solusi dan layanan cloud guna memperluas pasar, dan saat ini perkembangan Generative AI atau Gen AI.

Bagaimana perkembangan bisnis cloud? Bagaimana pemanfaatan Gen AI dalam industri? Saksikan dialog antara Anneke Wijaya dengan Anang Efendy, Country Manager Enterprise and Public Sector Google Cloud Indonesia, dalam acara Profit di CNBC Indonesia (Jumat, 27 Oktober 2023).

Saksikan juga program-program lainnya dari CNBC Indonesia TV melalui live streaming di sini.

Exit mobile version