Berita  

Indosat Memilih Saingan Starlink, Permintaan Maaf Kepada Elon Musk

PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk menjalin kerja sama dengan OneWeb, penyedia internet satelit pesaing Starlink owned by Elon Musk. Seperti Starlink, OneWeb adalah perusahaan penyedia internet yang mengoperasikan satelit di orbit Bumi rendah (LEO). Pemilik perusahaan ini antara lain adalah pemerintah Inggris dan Prancis. Di Indonesia, OneWeb bekerja sama dengan PT Dwi Tunggal Putra. Beberapa waktu lalu, CEO Indosat Vikram Sinha sempat memamerkan foto di markas OneWeb. Di sisi lain, Starlink telah menjalin kerja sama dengan Telkomsat, anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Persero).

Sinha menyatakan Indosat terbuka untuk bekerja sama dengan semua perusahaan satelit untuk menyediakan akses internet ke seluruh penjuru Indonesia. “Untuk satelit ini, Indosat membuka tangan, tentu saja ingin berbagai partner, baik di Indonesia maupun global, dengan fokus utama pemberdayaan masyarakat Indonesia untuk memberikan pengalaman terbaik,” katanya.

Dalam kerja sama dengan perusahaan satelit, Indosat memiliki beberapa fokus. Fokus pertama adalah memberikan layanan data yang terbaik di area terpencil. Fokus kedua adalah membantu industri yang berlokasi di daerah terpencil yang membutuhkan sambungan internet seperti sektor perikanan dan perkebunan. “Dengan pencitraan satelit ini bisa membantu dengan layanan yang dimiliki oleh penyedia satelit tersebut, bisa eksplorasi,” kata Sinha.

Exit mobile version