Berita  

Jadwal Puncak Hujan Meteor Taurid yang Dapat Dilihat di Indonesia

Bulan November ini, akan terjadi fenomena hujan meteor yang akan menghiasi langit malam di Indonesia. Puncak hujan meteor Taurid Utara akan terjadi pada tanggal 12 November 2023 mendatang.

Hujan meteor ini sudah terjadi sejak beberapa waktu yang lalu. Instagram Observatorium Bosscha menjelaskan bahwa puncak hujan meteor Taurid Utara akan terjadi mulai pukul 18:27 WIB hingga fajar pada tanggal 13 November.

Pihak Bosscha juga mengingatkan bahwa waktu yang tercantum menggunakan waktu lokal Lembang, Jawa Barat. Terdapat kemungkinan adanya perbedaan waktu tergantung pada wilayah masing-masing.

Untuk melihat fenomena ini, masyarakat Indonesia dapat melihatnya dari arah rasi Taurus di langit utara.

Laman Space menjelaskan bahwa hujan meteor ini terjadi setiap tahunnya pada bulan November. Terdapat dua bagian hujan meteor Taurid, yaitu Taurid Selatan dan Taurid Utara.

Taurid Selatan telah terjadi sejak tanggal 28 September hingga tanggal 2 Desember mendatang. Puncak hujan meteor Taurid Selatan terjadi pada tanggal 4-5 November 2023.

Sementara itu, Taurid Utara telah dimulai sejak tanggal 13 Oktober 2023. Hujan meteor ini juga akan berakhir pada tanggal 2 Desember mendatang.

Namun, fenomena hujan meteor ini dikatakan lebih sempurna dibandingkan dengan hujan meteor lainnya, seperti Perseid pada bulan Agustus dan Geminid pada bulan Desember mendatang.

Saat puncaknya, hujan meteor Taurid tidak terlalu banyak terlihat. Space mencatat bahwa akan ada setengah lusin bintang jatuh per jam pada saat itu.

Hujan meteor Taurid biasanya tidak memperlihatkan jumlah yang banyak. Space menyatakan bahwa masyarakat kemungkinan besar tidak menyadari adanya bintang jatuh di langit.

Sumber: CNBC Indonesia