Berita  

Mengapa Situs Pemerintah Rentan Terhadap Serangan Hacker?

Mengapa Situs Pemerintah Rentan Terhadap Serangan Hacker?

Jakarta, CNBC Indonesia- Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC, Pratama Persada, mengungkapkan ancaman terhadap serangan situs negara seperti Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang sedang terjadi.
Menurut Pratama, kondisi ini menunjukkan pentingnya penguatan sistem keamanan di tengah perkembangan teknologi digitalisasi dan kemampuan peretas para hacker yang semakin canggih.
Selain itu, kurangnya sinergi dan kolaborasi antara Kementerian/Lembaga terkait keamanan data/siber, mulai dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kemhan, Badan Siber dan Sandi Negara (BSN), hingga Badan Siber Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), menjadi tantangan bagi penguatan keamanan siber di Indonesia.
Bagaimana bahaya serangan situs pemerintah oleh hacker? Apa saja masalah keamanan data di Indonesia yang harus diatasi untuk mengatasi masalah keamanan data? Lebih lengkapnya, simak wawancara Bramudya Prabowod dengan Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC), Pratama Persada dalam program Profit, CNBC Indonesia (Jumat, 03/11/2023).