Berita  

Astronom Percaya Bahwa Alien Sudah Mengetahui Kehadiran Manusia di Bumi

Astronom yakin bahwa alien sudah mengetahui bahwa ada kehidupan manusia di Bumi. Hal ini disebabkan oleh aktivitas manusia yang telah meninggalkan tanda-tanda kehadiran peradaban yang cerdas. Menurut laporan BBC, manusia telah menemukan lebih dari 5.500 planet di galaksi yang sama dengan Bumi. Para astronom memperkirakan bahwa masih ada triliunan planet di luar galaksi Bima Sakti.

Namun, hingga saat ini, peneliti di Bumi belum menemukan bukti kehidupan cerdas di planet lain di luar angkasa. Meskipun demikian, para astronom telah menggunakan berbagai cara untuk mencari kehidupan alien, mulai dari pemantauan sinyal kimia di atmosfer hingga pemindaian sinyal teknologi seperti gelombang radio.

Jika alien di planet lain menggunakan metode yang sama dengan manusia di Bumi, seharusnya mereka sudah lama mengetahui keberadaan kehidupan cerdas di Bumi. Tanda-tanda kehidupan di Bumi telah tersebar luas ke seluruh penjuru galaksi, terutama pada abad ke-20 hingga masa Perang Dunia II. Pada masa tersebut, sinyal yang diterima oleh alien harus lebih kuat karena radio yang digunakan oleh manusia saat itu tidak memiliki antena yang sensitif.

Hingga saat ini, gelombang radio masih dipancarkan dari dan ke seluruh penjuru Bumi dalam bentuk sinyal seluler dan televisi, walaupun lebih sulit untuk terdeteksi. Stasiun radio pada umumnya tidak bertujuan untuk mengirim sinyal ke luar angkasa, tetapi ke permukaan Bumi. Manusia juga telah mengirim wahana antariksa ke berbagai tempat di Tata Surya dan wilayah lain di antariksa, masing-masing dilengkapi dengan transmisi gelombang sendiri.

Menurut peneliti, misi Voyager diperkirakan akan mengirim sinyal ke lebih dari 1.000 bintang pada tahun 2030. Sinyal yang diterima oleh alien akan terlihat jelas sebagai sinyal buatan. Alien yang tinggal di dekat bintang terdekat dari Bumi punya waktu sekitar delapan tahun untuk menerima dan mengirim balasan sinyal.

Selain gelombang radio, alien dari planet lain juga dapat mengamati atmosfer Bumi untuk menebak keberadaan kehidupan. Cahaya dari lampu yang mengandung natrium juga dapat menjadi tanda adanya peradaban yang sudah maju. Indikator terbaik dari kehidupan di Bumi adalah keberadaan oksigen, nitrogen, dan uap air. Ketiga elemen tersebut menunjukkan adanya samudra dengan cairan yang stabil di Bumi.

Exit mobile version