Berita  

BRIBRAIN Memenangkan Penghargaan Bergengsi di IDC Awards 2023

BRIBRAIN Memenangkan Penghargaan Bergengsi di IDC Awards 2023

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan Best Future of Intelligence dalam ajang Future Enterprise Awards 2023, baik di tingkat Indonesia maupun regional Asia Pasifik yang diselenggarakan oleh International Data Corporation (IDC).

Penghargaan tersebut diberikan kepada BRI karena keberhasilannya dalam menggunakan platform artificial intelligence dan machine learning-nya, BRIBRAIN, untuk meningkatkan produktivitas tenaga pemasar BRI serta memperluas inklusi keuangan secara berkelanjutan.

BRI mendapat pengakuan sebagai institusi keuangan terbaik se-Asia Pasifik dalam pemanfaatan advanced analytics melalui BRIBRAIN yang diintegrasikan dalam proses bisnis BRI.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, Arga M. Nugraha, menjelaskan bahwa BRIBRAIN adalah “pusat otak digital” BRI yang menggabungkan kemampuan AI dan analitik untuk meningkatkan customer engagement, anti-fraud, risk analytics, credit underwriting, hingga automasi untuk layanan dan operasi cerdas.

Salah satu bentuk implementasi BRIBRAIN adalah recommendation system yang digunakan untuk mendorong akuisisi merchant, debitur usaha mikro, dan AgenBRILink.

BRIBRAIN menganalisis data nasabah mulai dari profil, portofolio simpanan dan pinjaman, histori transaksi, hingga lokasi dan demografi. Hasil analisis tersebut menghasilkan skor, rekomendasi produk yang sesuai untuk nasabah, dan rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan akuisisi dan upgrade. Hasil analisis ini kemudian diintegrasikan ke dalam berbagai platform, produk, dan layanan BRI.

BRIBRAIN berhasil mendorong akuisisi debitur dengan menjaga kualitas kredit. Diimplementasikan melalui Link5, platform internal BRI yang membantu mendeteksi value chain dan ekosistem bisnis nasabah UKM BRI untuk menciptakan closed-loop payment ecosystem. Link5 telah sukses mengakuisisi 8.000 debitur baru dengan nilai plafon melebihi Rp 1,7 triliun dengan NPL hanya 0,009%. Selain itu, implementasi BRIBRAIN pada pipeline usaha mikro juga berhasil mengakuisisi 3,6 juta debitur baru dengan plafon mencapai Rp 163,4 triliun, dan NPL terjaga di 0,05%.

Selama tahun 2023, rekomendasi BRIBRAIN telah berhasil menyukseskan akuisisi lebih dari 22.000 AgenBRILink baru. Agen ini merupakan pusat inklusi keuangan BRI karena mampu menggabungkan proses konvensional dengan bisnis digital hingga ke daerah-daerah.

Selain itu, BRIBRAIN sedang menjajaki potensi AI generative, antara lain untuk meningkatkan interaktivitas chatbot BRI, Sabrina, agar lebih mirip dengan manusia, hingga otomasi pekerjaan yang meningkatkan produktivitas karyawan seperti melalui content factory (pembuat konten otomatis berdasarkan prompt).

BRIBRAIN juga sedang melakukan eksplorasi pemanfaatan AI/ML untuk industri keuangan. Oleh karena itu, BRI membentuk BRIBRAIN Academy sebagai program pengembangan inisiatif dan pemupukan talenta AI. BRIBRAIN Academy membuka ruang kolaborasi dengan universitas, akademisi, komunitas, dan korporasi yang dapat menjadi mitra riset seputar AI dan advanced analytics BRI.