Berita  

HP China Menolak Aplikasi Google dan Menuduhnya Sebagai Virus

Merek-merek asal China seperti Huawei, Honor, dan Vivo mengeluarkan peringatan aneh terkait Google pada HP dan tablet mereka. Peringatan tersebut menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi Google karena aplikasi tersebut terdeteksi sebagai malware ‘TrojanSMS-PA’.

Peringatan ini muncul dalam bentuk pop-up yang menunjukkan tulisan “Ancaman Keamanan” di bagian atasnya. Ketika pengguna mengklik opsi “Lihat Detail”, peringatan tersebut menjelaskan bahwa aplikasi yang terdeteksi sedang mengirim pesan SMS secara diam-diam. Rincian peringatan keamanan juga menyebutkan bahwa aplikasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan kebocoran privasi, serta merekomendasikan untuk segera menghapus aplikasi tersebut.

Banyak pengguna telah melaporkan masalah ini di forum-forum dukungan Google, Reddit, dan komunitas Android lainnya. Google sendiri menyatakan bahwa peringatan tersebut tidak dipicu oleh Google Play Protect dan tampaknya berasal dari perangkat yang tidak bersertifikasi Play Protect dan tidak memiliki akses resmi untuk mengunduh aplikasi inti Google dari Play Store. Google menyarankan pengguna untuk menghubungi produsen perangkat untuk informasi lebih lanjut.

Meskipun peringatan ini mungkin palsu, belum ada konfirmasi resmi dari pembuat perangkat terkait hal ini. Beberapa solusi yang diusulkan adalah dengan menghapus cache dan data, serta menginstal ulang aplikasi Huawei Optimizer.

Sumber: CNBC Indonesia

Exit mobile version