Berita  

Satu Toko Menyediakan Kacamata Apple dengan Harga Rp 54 Juta

Satu Toko Menyediakan Kacamata Apple dengan Harga Rp 54 Juta

Jakarta, CNBC Indonesia – Kacamata canggih Apple Vision Pro akan dirilis tahun depan. Perangkat realitas virtual dengan harga Rp 54 juta ini hanya bisa dibeli di Apple Store.

CEO Apple, Tim Cook, mengungkapkan lokasi eksklusif penjualan Vision Pro dalam percakapan dengan investor Apple.

Seorang investor menanyakan kepada Cook tentang rencana peluncuran dan penjualan Vision Pro. Ia ingin tahu apakah gadget tersebut akan dirilis seperti Apple Watch atau AirPods.

“Saya rasa tidak. Vision Pro adalah produk pertama. Jadi, kami akan sengaja meluncurkannya di toko kami agar kami dapat fokus hingga titik penjualan terakhir. Kami akan menawarkan demo di toko, yang berbeda dari proses penjualan normal, datang dan bawa pulang,” kata Cook.

Menurut ahli Apple, Mark Gurman, Vision Pro akan dijual dalam ruangan khusus yang dilengkapi tempat duduk. Calon pembeli dapat mencoba headset buatan Apple di tempat duduk tersebut. Apple juga telah menyiapkan staf khusus untuk membantu calon pembeli. Bahkan, pembeli harus membuat janji jika ingin membeli Vision Pro.

Cook tidak menjelaskan kemungkinan pembelian Vision Pro secara online. Saat ini, situs web Apple menampilkan informasi bahwa produk ini akan dijual pada awal tahun 2024. Sebelumnya, situs tersebut menyatakan bahwa Vision Pro akan tersedia di Apple.com dan toko ritel Apple di AS.

Perubahan model penjualan ini mungkin mencerminkan kebijakan baru yang diisyaratkan oleh Cook. Perangkat Vision Pro dianggap terlalu kompleks untuk dijual seperti produk biasa.

Mungkin kebijakan penjualan terbatas ini menunjukkan kesulitan Apple dalam memproduksi Vision Pro dalam jumlah besar. Sebelumnya, dilaporkan bahwa Sony hanya bisa memproduksi kurang dari 500 ribu layar micro LED yang digunakan sebagai komponen Vision Pro. Setiap produk menggunakan dua layar 4K buatan Sony.

Apple juga dikabarkan mencari pemasok selain Sony untuk memenuhi target produksi sekaligus menekan biaya manufaktur. Dua perusahaan dari China disebut mendekati Apple untuk menjadi sumber komponen alternatif.

Dengan biaya produksi yang lebih rendah, Apple dapat menjual perangkat serupa dengan harga yang lebih terjangkau dan spesifikasi yang lebih rendah. Targetnya adalah harga US$ 1.000 (Rp 15,5 juta) hingga US$ 1.500 (Rp 23,23 juta) seperti produk Apple lainnya. Produk yang lebih terjangkau tersebut kabarnya akan diberi nama Vision tanpa embel-embel Pro.

[Gambas:Video CNBC]

(Artikel Selanjutnya)
Bikin Syok! Inovasi di Balik Apple Vision Pro Harga Rp52 Juta