Berita  

Viral! Hindari Mengklik PDF dengan Huruf P Besar, Ini Data yang Perlu Diketahui

Viral! Hindari Mengklik PDF dengan Huruf P Besar, Ini Data yang Perlu Diketahui

Sebuah pesan yang telah menyebar mengingatkan tentang adanya modus penipuan baru. Para penipu tidak lagi menggunakan APK, melainkan file PDF dengan huruf P besar. Berikut adalah isi pesan yang telah disebar: “Penipuan Model baru, tidak pakai APK lagi. Sekarang udah pake pdf. Jadi yang Harus di Hindari Pdf dgn huruf P besar. Semoga bermanfaat guyss.”

Namun, pesan tersebut sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan oleh pengguna. Menurut Ahli keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, pesan tersebut merupakan misinformasi. Alfons menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan apapun antara file dengan huruf besar maupun kecil. Tidak ada pengaruh huruf tersebut pada Android meski namanya diubah.

Alfons menegaskan bahwa “Ini adalah misinformasi. Jadi sebenarnya PDF mau P nya besar atau kecil tidak ada pengaruhnya di Android.” Ketika APK di-rename menjadi PDF di Android, file tersebut akan tetap dijalankan seperti biasa. Jika dijalankan, file tersebut akan menghasilkan error namun tetap aman.

Alfons juga memberikan peringatan kepada pengguna untuk tidak khawatir dengan pesan tersebut. Namun, ia juga mengingatkan agar pengguna berhati-hati jika ada yang meminta untuk menginstall sesuatu dalam perangkat. Permintaan tersebut juga tidak boleh diikuti dengan cara mematikan pengaturan ‘install from unknown apps’. Alfons juga mengingatkan untuk tidak menginstall apapun dan mematikan pengaturan tersebut.

“Justru yang harus berhati-hati adalah jika Anda menerima apapun yang meminta Anda menginstall dan Anda belum mematikan ‘install from unknown apps’,” jelas Alfons.