Berita  

Astronot Cina Menanam Tomat dan Daun Bawang di Luar Angkasa

Astronot China berhasil menanam beberapa sayuran di luar angkasa, termasuk tomat dan daun bawang pada bulan Agustus lalu. Mereka juga mulai menanam selada pada bulan Juni 2023 dan berhasil menanam empat batch selada pada saat itu.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh komandan Jing Haipeng dan astronaut pemula Zhu Yangzhu serta Gui Haichao. Keberhasilan ini membuka peluang untuk diterapkan pada sejumlah misi luar angkasa, termasuk misi pendaratan di Bulan dan Mars.

Menurut Yang, sistem ini dapat diterapkan pada eksplorasi luar angkasa karena tanaman sayuran dapat menyerap karbondioksida di udara dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Selain itu, tanaman juga dapat melakukan regenerasi dan memurnikan air melalui transpirasi.

Ketiga astronot tersebut merupakan bagian dari misi Shenzhou 16 yang telah kembali ke Bumi pada 31 Oktober 2023. Mereka telah menyerahkan kontrol stasiun pada tim misi berikutnya, yaitu Shenzhou 17.

China memiliki rencana untuk mengirimkan sepasang astronot ke Bulan sebelum tahun 2030 dan membangun International Lunar Research Station (ILRS) dalam dekade berikutnya. Selain itu, China juga membidik perjalanan menuju Mars di masa depan, meskipun rencana tersebut masih sangat jauh.