Berita  

Taktik HP China untuk Mengungguli iPhone Dikritik dengan Tegas

Taktik HP China untuk Mengungguli iPhone Dikritik dengan Tegas

Seri flagship Xiaomi 14 dan 14 Pro baru saja dirilis di China pada akhir Oktober 2023. Dalam waktu kurang dari sebulan, HP tersebut sudah terjual sebanyak 1 juta unit, menurut klaim CEO Xiaomi Lei Jun.

Analis menilai minat yang tinggi terhadap Xiaomi 14 menandai kebangkitan pasar HP China, setelah mengalami penurunan selama beberapa kuartal terakhir.

Xiaomi 14 dan 14 Pro dapat dikatakan cukup ambisius, terutama dari segi fotografi. HP ini dilengkapi dengan kamera yang dikembangkan bersama dengan Leica, pabrikan legendaris dari Jerman.

Xiaomi telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Leica sejak tahun lalu, namun hal ini telah mendapat sorotan dari berbagai tokoh penting di industri teknologi.

Sebastian de With, seorang desainer sekaligus co-founder Lux Optics yang mengembangkan aplikasi kamera iPhone ‘Halide’ menjadi salah satu yang mengkritik kerja sama Xiaomi dan Leica.

Blogger teknologi sekaligus desainer UI, John Gruber, juga memberikan komentar pedas terhadap Leica dan Xiaomi. Menurutnya, sah saja bagi para elit teknologi untuk menyindir upaya Xiaomi dalam mengalahkan Apple dengan menggandeng Leica.
Namun, ia menambahkan bahwa industri HP di AS berbeda dengan China.

Pasar HP di China jauh lebih kompetitif dari berbagai sektor. Industri HP China memiliki karakter yang lebih mudah berganti HP, sehingga wajar jika pabrikan China berlomba-lomba menghadirkan perangkat terbaik.

Terkait kritik bahwa Xiaomi meniru iPhone, penulis menegaskan bahwa lebih pentingnya adalah bahwa software yang ditawarkan pabrikan China fungsional, familiar, dan cocok untuk kebutuhan audiens.

Leica sebelumnya juga pernah bekerja sama dengan Huawei. Dan jika Anda membeli flagship Xiaomi dengan kamera Leica, seperti Xiaomi 13 Pro dan Ultra, Anda mendapatkan HP dengan kamera terbaik di dunia.