Berita  

Tanda-tanda Penipuan Melalui Percakapan Chat Palsu Menawarkan Lowongan Pekerjaan di WhatsApp

Tanda-tanda Penipuan Melalui Percakapan Chat Palsu Menawarkan Lowongan Pekerjaan di WhatsApp

Jakarta, CNBC Indonesia – Berbagai modus dilakukan para penjahat siber untuk menjerat korbannya. Termasuk mengirimkan lowongan kerja palsu melalui pesan singkat di WhatsApp.

Penawaran kerja itu ternyata juga mencatut nama perusahaan atau platform besar dan terpercaya. Termasuk situs pencarian kerja populer, Jobstreet.

Mereka akan membuat penawaran kerja yang seakan berasal dari Manager HR Jobstreet. Pesan itu dilaporkan datang secara acak dan juga tiba-tiba, serta tidak ada nama pengirimnya.

“Assalamualaikum, halo kak selamat siang. Saya Manager HR di Jobstreet, apakah Anda masih mencari pekerjaan? Saya ingin menawarkan pekerjaan yang bisa menambah penghasilan tambahan,” tulis pesan tersebut, dikutip dari detik.com.

Pekerjaan yang ditawarkan merupakan tugas yang ringan di internet. Para calon pekerja hanya membutuhkan ponsel untuk bisa mengerjakan tugasnya, salah satunya adalah mengklik favorit salah satu produk di e-commerce.

Untuk menarik calon pekerja, para pelaku penipuan akan menawarkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah per harinya.

Pihak Jobstreet juga telah membantah tawaran pekerjaan melalui WhatsApp tersebut. “Itu tidak benar, Jobstreet tidak punya program seperti itu!” tegas Head of PR, Social & Content – Indonesia JobStreet, Adham Somantri kepada detikcom.

Adham mengingatkan masyarakat perlu curiga jika ada tawaran kerja yang masuk padahal tidak pernah mengirimkan lamaran, apalagi berasal dari nomor WhatsApp yang tidak jelas. Lakukan pengecekan lebih lanjut dan jangan asal menerima tawaran tersebut.

Jobstreet juga membagikan sejumlah tips tawaran kerja palsu. Berikut rangkumannya:
1. Pekerjaan Mudah Tapi Gaji Besar
2. Tawaran Diberikan ke Kontak Pribadi
3. Surat Elektronik dengan Alamat Email Palsu
4. Ditanya Data Pribadi
5. Tawaran Kerja Tanpa Lamaran
6. Tawaran Kerja dengan Meminta Uang

Artikel Selanjutnya
Modus Penipuan Online Kian Canggih, Wajib Waspada Hal Ini!

Exit mobile version