Berita  

Cek PC Buruan, Windows 10 Dapat Mengakses ‘Kembaran ChatGPT’

Robot chat kecerdasan buatan Microsoft, Copilot, kini tersedia di Windows 10. Platform serupa ChatGPT baru-baru ini ada di Windows 11.

Microsoft merilis update yang berisi Copilot untuk Windows 11 mulai 31 Oktober 2023. Saat ini, Windows 11 digunakan oleh 27% pengguna sistem operasi Windows, sedangkan Windows 10 masih digunakan oleh 68% pengguna PC.

Sejak peluncuran ChatGPT, perusahaan teknologi bersaing untuk merilis platform kecerdasan buatan (AI) generatif sendiri. Microsoft adalah salah satu investor utama di OpenAI, pemilik ChatGPT.

ChatGPT, yang kini diklaim memiliki 100 juta pengguna aktif mingguan, adalah teknologi yang mampu “diajari” dengan data dalam jumlah besar untuk melakukan perintah manusia dengan menciptakan kalimat, gambar buatan sendiri, dan suara. Selain menjawab pertanyaan, chatbot yang menggunakan AI generatif bisa membuat kesimpulan dari dokumen dalam jumlah besar dan menulis draft email.

Copilot, menggunakan teknologi GPT, seperti ChatGPT. CEO Microsoft Satya Nadella menyatakan bahwa Copilot bisa digunakan sebagai “rekan AI sehari-hari.”

Copilot kini sudah tersedia di mesin pencari Bing, browser Edge, dan software bisnis Dynamic. Namun, Microsoft ekstra hati-hati dalam meluncurkan Copilot di Windows untuk memastikan perbedaan performa Copilot di Windows 11 dan Windows 10.

Copilot juga tersedia di Microsoft 365 setelah program akses awal yang berlangsung berbulan-bulan. Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara memasuki pengaturan, ke update & security, lalu klik Windows Update. Setelah diupdate, sebuah tombol akan muncul di taskbar untuk menggunakan Copilot.

Dukungan Microsoft atas Windows 10 akan diakhiri pada Oktober 2025. Setelah itu, pengguna Windows harus upgrade ke Windows 11 jika ingin terus menerima update.

Exit mobile version