Berita  

OpenAI Merapat ke Google setelah CEO ChatGPT Dipecat

Dunia teknologi sedang ramai dengan berita tentang pemecatan CEO OpenAI, Sam Altman yang mendadak dipecat dari perusahaannya. Berita ini mengejutkan, karena Altman merupakan tokoh penting di industri teknologi setelah meluncurkan layanan AI-generatif ChatGPT.

Menurut sumber internal, dewan direksi OpenAI langsung merapat ke ekosistem Google setelah memecat Altman. Mereka berencana untuk melakukan merger dengan Anthropic, sebuah startup pesaing di sektor kecerdasan buatan yang didanai oleh Google dan Amazon, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (21/11/2023).

CEO Anthropic, Dario Amodei, menolak berkomentar mengenai isu tersebut. OpenAI juga menolak memberikan konfirmasi.

Sebagai informasi, para pendiri Anthropic sebelumnya adalah karyawan c-level di OpenAI hingga tahun 2020. Pada waktu itu, mereka berpisah karena tidak sepakat mengenai cara untuk menjaga pengembangan kecerdasan buatan agar aman bagi umat manusia.

Setelah pemecatan Altman, dewan direksi menunjuk CTO OpenAI, Mira Murati, sebagai CEO interim sebelum kemudian menggantinya lagi dengan salah satu pendiri Twitch, Emmett Shear.

Sementara itu, Altman dan rekan pendiri OpenAI, Greg Brockman, yang juga dipecat oleh dewan direksi, bergabung dengan Microsoft. Hal tersebut diumumkan langsung oleh CEO Microsoft, Satya Nadella, melalui akun pribadinya.

Selanjutnya, lebih dari 700 karyawan OpenAI mengancam akan mengundurkan diri secara massal alias eksodus jika dewan direksi tidak mengembalikan Altman ke perusahaan.

Exit mobile version