Berita  

Google’s Secret Revealed, Spotify Quietly Rakes in Big Profits

Google ternyata telah melakukan kesepakatan yang tidak biasa dengan aplikasi streaming musik Spotify. Hal ini terungkap dalam kesaksian Kepala Kemitraan Google Global, Don Harrison, dalam persidangan melawan Epic Games.

Harrison mengakui bahwa Spotify tidak membayar apa pun kepada Google ketika pengguna membayar biaya langganan melalui sistem Spotify. Namun, jika pengguna membayar langganan melalui layanan Google, Google hanya akan menarik komisi 4%.

Kebijakan ini jauh di bawah standar Google untuk aplikasi lain, di mana komisi yang biasa ditarik oleh Google mencapai 15%. Kesepakatan ini telah disembunyikan oleh Google selama proses pertarungan dengan Epic Games.

Harrison mengatakan bahwa perlakuan khusus yang diberikan oleh Google kepada Spotify dapat membuat pengembang aplikasi lain merasa cemburu dan merusak negosiasi pasar. Google sendiri mengeluarkan kebijakan pada 2022 yang mengizinkan pengembang aplikasi untuk membuat sistem pembayaran sendiri, sehingga Google hanya akan menarik komisi sebesar 11% bukan 15%.

Menurut Harrison, popularitas Spotify yang belum pernah terjadi sebelumnya menjadi alasan untuk memberikan perlakuan istimewa kepada aplikasi tersebut. Sebagai bagian dari kesepakatan, Google dan Spotify juga setuju untuk memberikan masing-masing US$50 juta untuk “tanda deal”.

Google sendiri telah membenarkan kesaksian Harrison melalui pernyataan kepada The Verge, dimana mereka menjelaskan bahwa sejumlah kecil pengembang akan dikenakan biaya layanan yang berbeda sebagai bagian dari kemitraan yang lebih luas.

Spotify sendiri telah mengeluh tentang biaya pembelian dalam aplikasi di masa lalu, dan pada tahun 2023 mereka sepenuhnya menghentikan dukungan untuk sistem penagihan Apple App Store untuk menghindari pembayaran komisi hingga 30 persen.

Namun, di saat Epic terus melanjutkan pertarungan hukumnya melawan Google dan Apple, Spotify tampaknya menemukan jalan keluar yang lebih mudah dan menguntungkan. Di samping itu, Google tidak akan menyebutkan nama pengembang lain yang membuat perusahaan menyetujui tarif yang lebih murah.

Selama sidang uji coba itu, The Verge melaporkan bahwa mereka mengetahui Google menawarkan Netflix tarif diskon khusus hanya sebesar 10 persen, namun Netflix menolak. Netflix tidak lagi menawarkan opsi pembelian dalam aplikasi di Android, dan sebagai hasilnya, mereka tidak lagi membayar apa pun kepada Google untuk mendistribusikan aplikasinya.