Berita  

NASA Mengungkap Penyebabnya: Planet Mars Menghilang dari Antariksa

Planet Mars Hilang dari Antariksa

Planet Mars dikabarkan hilang dari antariksa sejak akhir pekan lalu. Fenomena ini disebabkan oleh orbit Mars yang membawa planet tersebut jauh dari Matahari sehingga tidak bisa terlihat selama berminggu-minggu.

Mars terpisah dari Matahari dalam jarak kurang dari 1 derajat dan keduanya berada di konstelasi Libra. Kondisi ini membuat planet Mars seolah lenyap dan tidak bisa diamati selama beberapa minggu karena terhalang oleh cahaya Matahari.

Konjungsi Matahari antara Bumi dan Mars terjadi setiap 2 tahun sekali, dimana kedua planet tersebut akan berjarak lebih jauh dari kondisi normal. Selama konjungsi Matahari berlangsung, Mars dan Bumi akan berjarak hampir 2 kali lipat lebih jauh dari jarak normal.

Dalam beberapa bulan ke depan, Mars diharapkan akan muncul dari sisi lebar Matahari dan terlihat lebih lama di langit sebelum fajar menyongsong. Selama satu tahun ke depan, Mars akan mencapai oposisi dan terlihat hampir sepanjang malam dari langit Bumi.

Selama konjungsi Matahari, pengendali misi di Bumi akan kehilangan kontak dengan robot yang menjalankan misi di Mars. Penjelajahan akan terhenti, helikopter Ingenuity dilarang terbang, dan pesawat ruang angkasa tidak bisa mengirimkan data ke Bumi. NASA akan menunda pengiriman perintah ke armada Mars selama dua minggu, mulai 11 hingga 25 November.

Semua protokol itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan masuknya perintah parsial yang mengganggu operasional robot atau pesawat ruang angkasa. NASA mengatakan timnya telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyiapkan daftar hal yang harus dilakukan ke semua pesawat luar angkasa Mars.

NASA telah mengoperasikan robot penjelajah yang dinamai ‘Curios’ dan ‘Perseverance’ untuk mengamati permukaan Mars selama lebih dari 20 tahun. Selain itu, NASA juga menerbangkan helikopter ‘Ingenuity’ di atas Mars, serta beberapa pesawat ruang angkasa yang mengorbit di sekitar Planet Merah tersebut. Dalam beberapa bulan ke depan, Mars akan muncul dari sisi lebar Matahari dan terlihat lebih lama di langit sebelum fajar menyongsong. Lalu, selama satu tahun ke depan, Mars akan mencapai oposisi dan terlihat hampir sepanjang malam dari langit Bumi.