Berita  

Google Mengingatkan Pengguna HP Android tentang Kebijakan Penggunaan.

Google Mengingatkan Pengguna HP Android tentang Kebijakan Penggunaan.

Bos Google mengingatkan semua pengguna HP Android tentang ‘sideloading’.

Sideloading adalah cara di mana pengguna HP Android dapat menginstal aplikasi dari situs web atau sumber lain. Diskusi tentang sideloading telah lama menjadi kontroversi.

Beberapa mengatakan bahwa sideloading memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi pengguna untuk mengakses aplikasi yang tidak tersedia secara resmi. Namun, banyak juga yang menganggap sideloading berisiko dan berbahaya karena aplikasi yang tersedia di toko aplikasi resmi sudah melalui proses penyaringan.

Sebagai informasi, sideloading tidak dapat dilakukan di iPhone karena Apple melarang mekanisme tersebut. Ini menjadi salah satu perbedaan kunci antara sistem operasi iOS milik Apple dan Android milik Google.

Menariknya, CEO Google, Sundar Pichai, mengakui bahaya dari sideloading dan memberikan peringatan kepada semua pengguna HP Android bahwa aplikasi sideloading memiliki risiko yang tinggi karena rentan terinfeksi malware.

Debat tentang sideloading bertumpu pada bagaimana menciptakan keseimbangan antara kebebasan pengguna dan keamanan pengguna. Meski berisiko, sideloading dianggap memberikan kebebasan akses bagi pengguna ke semua aplikasi dan juga mendukung para pengembang aplikasi independen.