Berita  

Pakar Mengungkap Bahaya Streaming Ilegal, Viral IDLIX Gratis

Streaming film atau serial mungkin menjadi kegiatan sehari-hari bagi sebagian orang. Namun, penting untuk diingat bahwa menggunakan platform ilegal dalam kegiatan tersebut adalah tindakan yang tidak dianjurkan.

Salah satu platform ilegal yang saat ini viral adalah IDLIX. Pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, memastikan bahwa layanan tersebut ilegal dan memberikan penjelasan tentang bahaya menggunakan layanan streaming non-resmi.

Salah satu bahayanya adalah layanan tersebut tidak mungkin sepenuhnya gratis. Alfons menjelaskan kemungkinan modusnya mirip dengan platform ilegal lainnya, yaitu mencari penghasilan dengan metode yang cenderung ilegal.

Menurut Alfons, menggunakan layanan streaming ilegal membutuhkan biaya maintenance bandwidth dan server, sehingga tidak mungkin ada model bisnis yang dapat memberikan film gratis tanpa trik di baliknya. Kemungkinan besar, layanan ini akan mencari penghasilan melalui iklan, malware, atau metode lain yang cenderung ilegal.

Alfons juga menekankan bahwa risiko yang akan diterima oleh pengguna bisa jauh lebih mahal daripada membayar layanan resmi. Selain itu, menonton konten di platform ilegal juga merupakan pelanggaran terhadap hak cipta.

Saat ini sudah banyak platform streaming resmi yang tersedia untuk berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, hingga TV. Platform resmi ini akan meminta pengguna untuk berlangganan dengan membayar, namun sebagai gantinya penonton akan mendapatkan tayangan berkualitas serta keamanan saat menonton.

Beberapa contoh platform streaming resmi di Indonesia antara lain Netflix, Disney+ Hotstar, HBO Go, Vidio, iQiyi, Klik Film, Bioskop Online, Cinema Box, Viu, dan lain sebagainya. Dengan adanya pilihan platform resmi ini, sebaiknya hindari penggunaan layanan streaming ilegal demi keamanan dan kualitas tontonan yang lebih baik.