Berita  

Komplek Mewah Militer Israel yang Viral di Dekat Zona Perang Gaza

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengunjungi Jalur Gaza selama gencatan senjata sementara antara Hamas dan Israel. Sebuah video viral di TikTok menggambarkan komplek mewah para tentara Israel di dekat zona perang Gaza. Kompleks serba glamor itu dibangun tepat di dekat zona perang Gaza. Video tersebut diunggah oleh pengguna bernama Shita Hakdosha dan terlihat berbagai fasilitas di dalam kompleks pemulihan seperti pilihan makanan, permainan video game, kursi pijat, dan fasilitas lainnya. Semua tersedia untuk mereka yang baru pulang dari perang di Gaza.

Menurut Business Insider, para prajurit Israel bekerja sangat keras dan mereka dapat bersantai dan memulihkan energi untuk memenangkan perang ini di kompleks tersebut. Namun, gambaran yang terlihat dari video sangat bertolak belakang dengan keadaan di Gaza. Lebih dari satu bulan setelah perang terjadi, jutaan orang meninggal dan masyarakat setempat tidak bisa mendapatkan akses pada air bersih, listrik, dan bahan bakar.

Akun TikTok terhubung dengan kampanye Standing Together/Chesed V’Rachamin yang dijalankan Shai Graucher, putra dari penyanyi Yahudi Ortodoks Israel terkenal, Oded David Graucher. Kampanye tersebut bertujuan untuk memberikan sejumlah fasilitas pada masyarakat maupun tentara Israel, mulai dari dukungan pada keluarga korban hingga paket kebutuhan.

Selain itu, kampanye tersebut juga memberikan dukungan keuangan pada keluarga korban, kunjungan rumah sakit untuk tentara dan masyarakat yang terluka, paket kebutuhan, mainan pada keluarga pengungsi, dan artikel Tefillin serta agama lain untuk tentara serta keluarga. Lembaga tersebut telah mengumpulkan lebih dari US$4,6 juta dari target US$7,5 juta.