Berita  

Manfaat Transformasi Digital di Industri Terungkap Melalui Riset

Manfaat Transformasi Digital di Industri Terungkap Melalui Riset

LNS Research melaporkan bahwa setengah dari perusahaan di industri telah memulai perjalanan transformasi digital dan menikmati manfaatnya. Dari segi pendapatan, para pemimpin transformasi digital memiliki kemungkinan 72% untuk meningkatkan pendapatan lebih dari 10%, dan 57% lebih mungkin untuk mengurangi Harga Pokok Penjualan (COGS) lebih dari 10% karena inisiatif-inisiatif ini. Transformasi digital semakin penting, terutama bagi para produsen teknologi, mengingat dunia mengalami metamorfosis digital. Contohnya, transaksi e-commerce terus meningkat karena tingginya pemanfaatan teknologi.

Dengan semakin banyak orang yang bekerja dari jarak jauh dan interaksi yang lebih banyak dalam bentuk digital, operasi yang lebih rutin, berulang, dan berisiko tinggi dapat dilakukan secara otomatis. Oleh karena itu, penguasaan, pengumpulan, dan analisis data diperlukan untuk memahami potensi teknologi terbaru.

Di sisi lain, industri manufaktur menghadapi tantangan yang semakin besar, seperti gangguan supply chain, krisis energi, dan dampak pandemi. Oleh karena itu, diperlukan efisiensi dalam proses dan praktik bisnis. Schneider Electric juga menyebutkan bahwa dukungan teknologi saat ini merupakan faktor inti menuju keberlanjutan, dimulai dari penggantian mesin atau alat yang sudah tidak efisien, hingga penerapan teknologi sensor, kecerdasan buatan, analitik, dan digital twins.

Schneider Electric Indonesia juga mengungkapkan bahwa untuk mencapai keberlanjutan, dibutuhkan dukungan teknologi dan pendekatan berbasis data, kemitraan yang tepat, dan komunikasi visi demi dukungan berbagai pihak. Dengan adanya nilai proyek keberlanjutan yang didukung berbagai pihak, hal ini akan berimbas positif terhadap perusahaan terutama terhadap kredibilitas brand, dan juga dapat meningkatkan semangat kerja karyawan.

Menurut Industry Business Vice President Schneider Electric Indonesia, para industri nasional di Indonesia perlu memenuhi prinsip berkelanjutan untuk menciptakan ekonomi yang ‘green’ dan juga sejahtera sebagai peluang untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing sektor manufaktur. Hal-hal yang telah disebutkan di atas dapat membantu industri memenuhi persyaratan keberlanjutan di masa mendatang. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs Schneider Electric.