Berita  

TikTok dan Medsos Lain Bergabung Menjadi Afiliasi dengan Tokopedia

TikTok Shop Akan Buka Kembali di Indonesia, Gandeng Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia – TikTok Shop disebut akan buka kembali di Indonesia. TikTok dilaporkan akan membentuk perusahaan patungan dengan Tokopedia.

Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif Idea (Asosiasi E-Commerce Indonesia), Arshi Adini tidak memberikan jawaban secara detail. Namun secara industri sebenarnya afiliasi sangat mungkin dilakukan.

Pelaku usaha e-commerce menyambut baik jika betul TikTok bekerja sama dengan e-commerce dan mengajak perusahaan media sosial lain mengambil langkah serupa.

“Sebenarnya tidak mesti TikTok, di dalam industri itu dalam pandangan kami sangat mungkin berafiliasi, sangat mungkin bergabung khususnya untuk memperbesar dan mendapatkan market lebih luas,” kata Arshi ditemui di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

“Hal tersebut tidak bisa menjawab secara detail, tapi memang namanya industri digital teknologi bergerak sangat cepat. dan kemungkinan bisa terjadi dalam hitungan minggu, menit atau bulan,” imbuhnya.

Dalam laporan Bloomberg awal pekan ini, induk usaha Tiktok siap mengucurkan investasi ke Tokopedia. Dua perusahaan disebutkan berencana membuka perusahaan patungan di Indonesia.

Sejak tutup Oktober lalu, pihak Tiktok memang mencari cara untuk bisa membuka layanan Shop lagi di tanah air. Salah satunya mendekati beberapa e-commerce Indonesia.

Selain itu, CEO Tiktok Shou Chew juga menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi). Chew menyatakan ingin bertemu dengan presiden.

Namun, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan Jokowi memintanya untuk bertemu dengan Chew. Laporan Reuters, Teten dan Chew kabarnya bertemu akhir bulan ini.

Sementara itu dalam laporan terbaru Reuters, Tiktok telah mengurus izin untuk beroperasi kembali di Indonesia. Informasi ini berasal dari Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

“Sebelumnya, mereka [TikTok] tak memenuhi aturan di Indonesia. Mereka tidak memegang izin. Sekarang, mereka sedang mengurus,” jelas Jerry.

Exit mobile version