Berita  

Jeff Bezos Mendanai Dua Startup di Indonesia, Tapi Keduanya Gagal Tutup

Dua startup yang didanai oleh pendiri Amazon Jeff Bezos telah mengumumkan penghentian operasional mereka. Startup tersebut adalah Ula dan Bukukas.

Ula, yang bergerak dalam bidang pemenuhan barang dagangan warung dan toko kelontong, mengumumkan penutupan bisnisnya dan melakukan PHK massal pada bulan Oktober lalu. Perusahaan tersebut mengumumkan bahwa mereka akan beralih ke bisnis lain namun belum memberikan rincian rencana tersebut.

Keputusan tersebut diambil agar Ula dapat fokus pada upaya yang lebih besar dari sebelumnya dengan memanfaatkan teknologi, margin tinggi, dan efisiensi modal. Mengenai PHK, perusahaan hanya mengatakan bahwa sejumlah besar anggota tim terdampak tanpa menyebutkan jumlah pasti yang dirumahkan.

Beberapa waktu lalu, Ula membuat heboh setelah mengumumkan pendanaan seri B senilai US$ 87 juta (sekitar Rp 1,3 triliun). Startup ini didukung oleh Bezos Expedition, Prosus Ventures, Tencent, B-Capital, serta Northstar Group dan AC Ventures yang berbasis di Indonesia.

Sementara itu, Bukukas, pemilik aplikasi pencatatan keuangan, juga mengumumkan penghentian operasional aplikasinya. Pengguna diminta untuk mengunduh data pencatatan keuangan sebelum tanggal 26 Mei 2023.

Pada Januari 2022, Bukukas juga mengumumkan pendanaan senilai Rp 1,14 triliun melalui Bezos Expedition. Putaran seri C startup tersebut dipimpin oleh Tiger Global dan Sequoia Capital India.