Berita  

Google Chrome Terbaru Menghentikan Dukungan untuk Android, Periksa Sekarang

Google Chrome Terbaru Menghentikan Dukungan untuk Android, Periksa Sekarang

Google merilis daftar sistem operasi yang tidak lagi mendapatkan versi baru Chrome melalui catatan rilis Chrome Enterprises and Education yang diperbarui pada 25 Oktober. Dalam bagian ‘Coming Soon’ tertulis Google Chrome 120 tidak akan mendukung Android Nougat.

Artinya, pengguna yang masih menggunakan Android Nougat hanya bisa menggunakan hingga Chrome 119. Chrome terbaru akan dirilis versi stabilnya pada 6 Desember 2023 mendatang.

Meskipun demikian, kebijakan terbaru Google ini sebenarnya tidak mempengaruhi terlalu banyak pengguna Android Nougat. Diketahui bahwa hanya 2,6% pengguna yang masih menjalankan Nougat 7.0 atau Nougat 7.1, sedangkan Android 13 telah diinstal pada 22,4% perangkat.

Kebijakan ini biasanya terjadi saat ada perilisan terbaru Chrome, seperti pada Android 6 yang sudah tidak lagi bisa menggunakan Chrome versi 107.

Kemungkinan kebijakan serupa juga akan berlaku untuk Android Oreo atau Android 8 di masa mendatang. Chrome menyediakan banyak pembaruan bagi perangkat dengan sistem operasi Android terbaru, mulai dari tampilan visual hingga pengaturan transparansi.