Berita  

Kenapa Pabrik iPhone Kompak Dipindahkan dari China ke India

Apple Meminta Vendor untuk Produksi Baterai iPhone 16 di India

Jakarta, CNBC Indonesia – Bocoran mengenai iPhone 16 mulai beredar di internet. Padahal, iPhone 15 baru saja diluncurkan beberapa bulan yang lalu sejak bulan September tahun lalu.

Baru-baru ini, Apple dilaporkan meminta para vendor penyuplai untuk memprioritaskan produksi baterai iPhone 16 di India. Keputusan tersebut diambil untuk mengurangi ketergantungan pada China.

Selama ini, China menjadi markas dari fasilitas produksi iPhone. Namun, karena kondisi geopolitik dan hambatan produksi akibat Covid-19, Apple mulai gencar berinvestasi di India.

Apple juga dikabarkan telah bekerja sama dengan beberapa mitra untuk menggenjot produksi iPhone 16. Penyuplai dari Jepang disebut telah menyetujui untuk menyediakan fasilitas seluas 728 ribu meter persegi di daerah Haryana.

Sebelumnya, Financial Times melaporkan bahwa Apple akan memindahkan proses manufaktur baterai iPhone 16 dari China ke India. Untuk itu, pembuat komponen seperti Desay mulai membangun fasilitas di India. Simplo Technology dari Taiwan juga bersiap memindahkan pabriknya dari China ke India.

Wakil Menteri Teknologi dan Informatika India, Rajeev Chandeasekhar mengatakan bahwa pembuat baterai asal Jepang, TDK, telah berinvestasi untuk fasilitas di India. Fasilitas di India tersebut akan digunakan untuk memproduksi baterai iPhone ‘Made in India’, seperti yang dilansir dari 91mobiles pada Kamis (7/12/2023).

Setelah fasilitas tiga perusahaan siap beroperasi di India, TDK akan membuat komponen baterainya, sementara itu Desay dan Simplo akan merakitnya menjadi baterai. Terakhir, baterai tersebut akan dirakit oleh Foxconn dan Tata untuk dimasukkan ke dalam iPhone.

Chandrasekhar mengatakan bahwa hal ini akan memperkuat ekosistem manufaktur perangkat elektronik di India dan menambah nilai untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dengan gaji yang layak.

iPhone 16 dikatakan akan menggunakan prosesor A17 Pro dengan RAM 6GB. Untuk varian reguler, layarnya berukuran 6,12-inci. Kameranya memiliki resolusi 48MP+12MP, sementara kamera depannya memiliki resolusi 12MP. Adapun kapasitas baterainya adalah 3.449 mAh. Namun, berbagai bocoran ini belum dikonfirmasi langsung oleh Apple.

Exit mobile version