Berita  

Google-Apple Membuka Suara Terkait Pengguna HP Android-iPhone yang Disadap

Apple dan Google angkat suara terkait laporan penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah negara tertentu melalui notifikasi di iPhone dan HP Android.

Kedua perusahaan tersebut telah mengonfirmasi laporan tersebut. Praktik penyadapan melalui notifikasi diungkapkan oleh Senator Amerika Serikat (AS) Ron Wyden dalam suratnya kepada Departemen Kehakiman (DOJ).

Wyden mengatakan praktik penyadapan tersebut dilakukan oleh sebuah instansi pemerintah, namun ia tidak merinci lebih lanjut mengenai identitas instansi tersebut. Selain itu, Google dan Apple memiliki data tentang notifikasi pengguna yang bisa saja diserahkan kepada instansi pemerintah tertentu.

Wyden juga meminta agar DOJ bisa mendorong Apple dan Google untuk bersikap transparan mengenai permintaan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah.

Apple mengatakan bahwa mereka sebenarnya dilarang untuk mengungkapkan adanya permintaan data notifikasi oleh pemerintah, namun mereka akan mulai memberitahukan pengguna terkait praktik tersebut. Perusahaan tersebut juga menyatakan bahwa mereka akan memperbarui laporan transparansi untuk merinci permintaan tersebut.

Google juga memastikan memiliki komitmen yang sama dengan Wyden untuk memberikan informasi kepada pengguna mengenai permintaan pengawasan.

Dalam hal ini, baik Apple maupun Google berkomitmen untuk memberikan informasi kepada pengguna mengenai permintaan tersebut.