Berita  

Pakar TikTok Mengendalikan Sorotan Aturan E-commerce Tokopedia

Tokopedia dan TikTok bermitra strategis di bawah PT Tokopedia. TikTok akan memiliki pengendalian dalam perusahaan tersebut melalui investasi senilai US$ 1,5 miliar dengan saham 75,01%. Direktur Ekonomi Digital Center of Law and Economic Studies (Celios) Nailul Huda menjelaskan dampak dari kemitraan ini. Salah satunya adalah pengalaman berbelanja yang akan dikembalikan melalui TikTok. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pengguna TikTok dan menambah pengguna TikTok dari ekosistem seller Tokopedia.

Nailul juga menyoroti penggunaan live shopping TikTok yang memungkinkan Tokopedia untuk memasang keranjang belanja langsung dalam live tersebut, sehingga dapat ditransaksikan melalui sistem platform.

Namun, Nailul juga mengkhawatirkan regulasi di Indonesia terkait dengan kerjasama ini. Ia menekankan perlunya penyesuaian regulasi terutama terkait jenis perizinan agar posisi TikTok x Tokopedia tidak bermasalah di masa depan.

Selain itu, Nailul juga menambahkan perlunya beberapa aturan tambahan terkait e-commerce, seperti aturan untuk menghindari preatory pricing, yang dapat melindungi para pedagang di dunia nyata. Ia juga menyarankan adanya penyesuaian dalam restriksi impor dengan menambahkan tagging produk di semua platform PMSE.

Exit mobile version