Berita  

NASA Memperlihatkan Video Kucing dari Antariksa, Menciptakan Sejarah Baru!

NASA mencetak sejarah baru dalam teknologi komunikasi antariksa dengan mengirimkan video streaming beresolusi UHD menggunakan teknologi laser.

Video streaming UHD itu menampilkan seekor kucing bernama Taters dan NASA mampu melakukan streaming tersebut dengan jarak lebih dari 30 juta kilometer dari Bumi.

Divisi Komunikasi Optik Luar Angkasa NASA bereksperimen dengan video streaming kucing pada 11 Desember 2023. Demonstrasi ini bertujuan untuk menguji kemampuan menyalurkan data dari bagian dalam antariksa. NASA berharap bahwa teknologi ini bisa membantu manusia masa depan dalam mengeksplorasi luar angkasa yang lebih luas di luar orbit Bumi.

Menurut Deputi Administrator NASA Pam Melroy, pencapaian ini menunjukkan komitmen NASA untuk meningkatkan kemampuan komunikasi optik sebagai kunci dalam memenuhi kebutuhan transmisi data di masa depan. NASA juga akan terus meningkatkan teknologi canggih untuk transformasi komunikasi di misi mendatang.

Demo streaming kucing berlangsung selama 15 detik melalui teknologi yang disebut flight laser transceiver. Sinyal video membutuhkan waktu 101 detik untuk sampai ke Bumi. Adapun kapasitas video itu memanfaatkan bit rate maksimal sebesar 267 Mbps.