Berita  

Mati Mendadak Layar iPhone 15, Penyebab dan Solusiya

Sejak peluncuran beberapa waktu lalu, banyak pengguna melaporkan masalah dengan iPhone 15. Salah satunya adalah layar mendadak mati.

Masalah ini membuat layar menjadi hitam sepenuhnya dan ponsel tidak responsif terhadap sentuhan apa pun. Hal ini pasti membuat pengguna frustasi dan bingung.

Ada beberapa penyebab layar iPhone 15 yang mati mendadak. Berikut adalah 6 alasannya, dikutip dari Gizchina, Kamis (21/12/2023):

1. Beta iOS Tidak Stabil
Versi beta ini dalam tahap pengujian dan berisi bug atau masalah stabilitas. Sejumlah fitur dalam beta biasanya tidak berfungsi normal dan akan mengalami error. Apple pernah mengingatkan pengguna software beta tentang kemungkinan adanya kesalahan atau ketidakakuratan.

2. Software Rusak
Malfungsi pada software juga bisa jadi alasan HP tiba-tiba mati. Penyebabnya bisa karena aplikasi tidak kompatibel, file sistem rusak, atau adanya masalah antar komponen software yang berbeda.

3. Masalah Hardware
Bukan hanya software, hardware juga bisa menyebabkan layar HP menjadi hitam. Misalnya bermasalah dengan layar, baterai, atau komponen internal. Namun ini membutuhkan bantuan profesional untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah tersebut.

4. Jailbreak
Jailbreak adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan Apple. Cara ini bisa membuat penyesuaian, namun juga akan berakhir dengan masalah. iPhone yang dijailbreak rentan tidak stabil pada software dan masalah kompatibilitas. Termasuk membuat layar ponsel berubah hitam keseluruhan.

5. HP Terlalu Panas
Sesaat setelah diluncurkan, banyak laporan yang muncul terkait perangkat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang terlalu panas. Laporan ini kerap dihubungkan dengan bug pada iOS 17. Perangkat yang terlalu panas akan menyebabkan layar berubah hitam. Apple menjanjikan mengatasi masalah pada pembaruan berikutnya, jadi untuk menghindari HP mati mendadak, pastikan melakukan update iOS.

6. Masalah Saat Transfer Data
Mengirimkan data dalam jumlah yang besar dari ponsel lama ke iPhone 15 juga membuat sumber daya perangkat terbebani. Ini jadi awal mula masalah kinerja termasuk layar menjadi hitam.

Cara Memperbaiki iPhone 15 yang Mati Mendadak:
1. Paksa Restart
2. Gunakan Tools
3. Charge dengan Kabel Standard
4. Periksa Status Baterai
5. Cerahkan Layar Lewat Siri
6. Restore iPhone 15 dengan iTunes
7. Update ke iOS Terbaru
8. Hubungi Apple Support

Untuk menghindari masalah seperti ini, pastikan telah memperbarui software ke iOS terbaru. Software terbaru akan menambal masalah-masalah sebelumnya. Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, ini saatnya menghubungi Apple Support.

sumber: detikINET

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya
Gaji Buruh Pabrik iPhone Kalah, Huawei Beri Upah Lebih Tinggi

(npb/npb)

Exit mobile version