Berita  

Jokowi Akan Memeriksa Langsung, Wi-Fi Internet Talaud Dijamin Cepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan pengoperasian BTS 4G di Desa Bowombaru Utara, Talaud, Sulawesi Utara, pada Kamis (28/12/2023) besok. BTS Bowombaru sendiri sudah bisa dinikmati masyarakat sejak 20 Desember lalu. Masyarakat bisa mengakses internet untuk keperluan pendidikan dan aktivitas sehari-hari. Normalnya, kapasitas internet yang diberikan BTS Bowombaru adalah 20 Mbps. Namun, dalam rangkaian Nataru 2024 dan kedatangan Presiden Jokowi, kapasitas ditingkatkan menjadi 50 Mbps.

“Kapasitas 20 Mbps di Desa Bowombaru ini untuk pemakaian 300 user sudah memadai. Tapi selama Nataru dan menyambut kedatangan Jokowi, kami tambah bandwidth-nya jadi 50Mbps,” kata Joel Ginting, Zone Leader PT FiberHome, kepada CNBC Indonesia, Rabu (27/12/2023).

“Jokowi langsung datang ke sini tanpa uji coba. Jadi enggak boleh ada delay,” ia menambahkan.

PT FiberHome merupakan salah satu perusahaan dari konsorsium yang ditunjuk Bakti Kominfo dalam membangun infrastruktur BTS 4G di Talaud. Selain itu, Telkomsel juga menjadi penyedia sistem layanan untuk mengalirkan internet ke masyarakat setempat. Manager Special Area Project Telkomsel, Hari Purwadi, mengatakan pihaknya akan terus mendukung program Bakti Kominfo menggelar internet di area 3T.

“Kami terus berkomitmen mendukung program Bakti Kominfo dalam menggelar internet di 3T, termasuk di Talaud. Bakti Kominfo sebagai penyedia infrastruktur, dan kami menggelar sistem layanannya. Sejauh ini 90% internet di Indonesia dihandle oleh kami,” kata dia di tengah persiapan jaringan untuk acara besok.

Di Kabupaten Kepulauan Talaud secara total ada 15 BTS yang sudah beroperasi. Sebanyak 7 BTS dibangun hingga 2020 melalui USO. Lalu 8 BTS baru dibangun selama 2021-2022.

Exit mobile version