Berita  

Bocoran Budi Arie Mengenai Pesan Jokowi tentang Tol Langit

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie memberikan bocoran perintah langsung dari Presiden Jokowi setelah proyek BTS 4G dan Satria-1 selesai. “Pak Jokowi mengatakan daerah yang belum [kebagian internet] harus dituntaskan juga. Paling tidak sampai beliau di Oktober 2024 selesai [menjabat],” kata Budi Arie di Bandara Soetta, Jumat (29/12/2023). “Kita harus bisa mewujudkan pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia. Merdeka internet,” ia menambahkan.

Saat ini, 4.990 BTS 4G sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia di daerah 3T. Terbaru, Presiden Jokowi langsung meresmikan pengoperasian BTS 4G di Desa Bowombaru, Talaud, pada Kamis (28/12) kemarin.

BTS 4G itu memiliki bandwidth transmisi sebesar 25Mbps. Sementata bandwidth untuk user hingga 8Mbps. Sisanya masih ada 628 BTS 4G yang targetnya akan rampung pada semester-1 2024 mendatang. Semuanya berada di area kahar (force majeur) di Papua pedalaman.

Budi Arie mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI untuk mengamankan pembangunan BTS di Papua. Ia juga mengatakan kapasitas internet di 3T akan ditambah, menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Sekarang yang paling penting terkoneksi dulu. Tapi kapasitas internet, kecepatan, pasti akan ditambah,” ujarnya.

Satria-1 yang sudah mengudara memiliki kapasitas 150 Gbps untuk melayani 37.000 titik. Nantinya, pemerintah akan meluncurkan Satria-2 untuk menambah kapasitas. Fokus satelit raksasa ini untuk sarana umum seperti sekolah, rumah sakit, dll. “Ada yang mengkaji kebutuhan internet kita 1 Tbps. Ini kajian terus berjalan, jadi kapasitas juga akan ditambah makin lama. Isu coverage, kapasitas, itu penting,” kata Budi Arie.