Berita  

Kominfo memberikan suara terkait janji Ganjar-Mahfud untuk menyediakan internet gratis

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menjanjikan internet gratis, super cepat, dan merata, saat menutup debat perdana cawapres pada 22 Desember lalu. Ia mengatakan internet gratis menjadi salah satu prioritas jika Ganjar Pranowo dan dirinya terpilih untuk memimpin Indonesia dalam 5 tahun ke depan.

Hal tersebut ditanggapi Menkominfo Budi Arie Setiadi. Menurut dia, internet gratis memungkinkan di Indonesia. “Internet gratis mungkin saja. Tinggal bagaimana kebijakan kita,” kata dia, Jumat (29/12/2023), di Bandara Soetta.

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan saat ini sebenarnya harga data internet di Indonesia masuk dalam jajaran Top 5 termurah secara global. “Kita ada di nomor 4 termurah di dunia,” ujarnya.

Namun, ia mengatakan pemerintah harus mengatur agar industri telekomunikasi tetap sehat. Salah satunya dengan memangkas kompetisi harga di kalangan operator. Untuk itu, pemerintah juga menyiapkan skema insentif dalam menggelar internet 5G. Tujuannya agar operator bisa menggelar internet dan tidak merugi. “Skemanya lagi diatur dan dikaji,” ujarnya.

Prioritas Kementerian Kominfo hingga semester-1 tahun depan adalah menyelesaikan 628 BTS 4G di area kahar (force majeur) di Papua. Saat ini sudah ada 4.990 BTS 4G yang beroperasi di area 3T. “Kita harus bisa mewujudkan pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia. Merdeka internet,” ujarnya.

Exit mobile version