Berita  

Bos Apple Resign dan Memilih Kerja dengan Bos ChatGPT

Jakarta, CNBC Indonesia – Tang Tan yang sebelumnya bekerja sebagai eksekutif Apple memilih untuk mengundurkan diri. Setelah meninggalkan produsen iPhone, dia bergabung dengan bos ChatGPT Sam Altman di perusahaannya yang baru.

Altman diketahui sedang mengerjakan proyek hardware artificial intelligence melalui perusahaannya yang bernama Love From. Perusahaan tersebut juga dimiliki oleh desainer yang sebelumnya bekerja di Apple, Jony Ive.

Sebuah laporan mengatakan bahwa Tang Tan akan menjadi pemimpin rekayasa perangkat keras dalam proyek hardware AI tersebut, yang dikutip dari Fortune, Selasa (2/1/2024).

Dalam laporan Bloomberg News, Tang Tan akan menjabat di Apple sebagai wakil presiden desain produk iPhone hingga Februari mendatang. Namun penyerahan tanggung jawab telah dilakukan sejak bulan ini.

Sementara itu, Love From didirikan setelah Ive keluar dari Apple pada tahun 2019. Menurut beberapa pengembang produk AI dari perusahaan tersebut, proyek masih berada dalam tahap awal.

Saar ini, Love From masih dalam proses merekrut bakat-bakat baru. Perusahaan juga masih dalam tahap penciptaan konsep.

Altman juga bekerja cepat untuk mengumpulkan dana bersama Ive. Bahkan mereka berhasil merayu Masayoshi Son, Chairman Softbank Grup, untuk ikut berinvestasi senilai miliaran dolar di perusahaannya yang baru.

Love From sebenarnya pernah bekerja sama dengan Apple selama tiga tahun. Kontrak tersebut berakhir pada tahun 2022 untuk menyediakan layanan konsultasi.

OpenAI mengarahkan pertanyaan terkait masalah ini kepada Love From. Sementara Love From dan Apple menolak untuk memberikan komentar.

Kepergian Tang Tan juga menjadi orang berikutnya yang meninggalkan unit desain Apple. Fortune mencatat 20 orang mantan pegawai Apple dilaporkan bergabung dengan Love From.

Sekitar 14 orang mantan pegawai yang pernah bekerja di tim Ive juga dilaporkan telah keluar sejak tahun 2019. Evans Hankey, penerus Ive, juga telah mengundurkan diri dari Apple sejak awal tahun ini.

Namun Apple tidak mencari pengganti pemimpin tim desain yang baru. Tugas pengawasan para desainer akhirnya dibebankan kepada Jeff William selaku chief operating officer perusahaan.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)

Exit mobile version