Berita  

Xi Jinping marah, sekutu Joe Biden turut memblokir China

China memprotes keputusan Belanda untuk menarik izin ekspor mesin chip ke China pada hari Rabu. Perusahaan mesin chip ASML, yang berbasis di Belanda, mengatakan izin ekspor beberapa peralatan ke China telah dicabut oleh pemerintah Belanda, termasuk pengiriman sistem litografi tertentu.

Pemerintah China mendesak Belanda untuk menghormati prinsip-prinsip pasar dan hukum, serta menjaga stabilitas rantai pasok internasional. China telah menjadi pasar terbesar ketiga bagi ASML setelah Taiwan dan Korea Selatan, dan menjadi pasar terbesar pada kuartal ketiga tahun 2023. Pada tahun 2023, Amerika Serikat telah mengumumkan peraturan yang memberi Washington hak untuk membatasi ekspor mesin Twinscan NXT1930Di ASML jika mesin tersebut berisi suku cadang AS.

Beberapa anggota parlemen Belanda telah menantang Menteri Perdagangan Belanda mengenai keputusan Amerika Serikat dalam mengatur ekspor mesin pembuat chip ASML ke Tiongkok. Dalam diskusi baru-baru ini dengan pemerintah Amerika Serikat, ASML telah memperoleh klarifikasi lebih lanjut mengenai dampak peraturan pengendalian ekspor.

ASML telah menyatakan komitmennya untuk mematuhi seluruh hukum dan peraturan yang berlaku termasuk undang-undang pengendalian ekspor di negara tempat perusahaan tersebut beroperasi.