Berita  

ChatGPT Akan Menghentikan Asisten Google dari Perangkat Android

ChatGPT meluncurkan fitur baru yang memungkinkan menjadi aplikasi default di HP Android. Ini berarti pengguna dapat menggantikan Google Assistant dengan ChatGPT sebagai asisten pribadi baru.

Fitur baru ini mengubah cara mengakses platform, di mana pengguna sebelumnya harus membuka aplikasi Android, mengetik atau mengucapkan permintaan, dan menunggu respons dari chatbot. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat berbicara langsung kepada ChatGPT untuk mengakses platform tersebut.

Fitur ini hadir pada versi 1.2023.352 dan terdapat aktivitas bernama com.openai.voice.assistant.Assistant Activity. Setelah diaktifkan, aktivitas tersebut akan menampilkan animasi berputar seperti saat menggunakan mode Google Assistant. Namun, fitur ini nampaknya belum sepenuhnya siap, karena animasinya terus berputar dan tertutup sendiri sebelum pengguna bisa memberikan perintah.

Kode yang muncul juga belum lengkap dan versi terbaru menambahkan file XML dengan nama assistant_interaction_service yang berisi tag layanan interaksi suara. Platform ini juga belum dapat membuat kata cepat khusus atau merespon dengan yang sudah ada sebelumnya tanpa API istimewa.

Sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240105181254-37-302744/asisten-baru-chatgpt-bisa-jadi-default-di-hp-android