Berita  

BMKG Mengingatkan Masyarakat untuk Tetap Waspada hingga 10 Januari 2024, Ini Alasannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem hingga 10 Januari 2024 mendatang. BMKG menegaskan bahwa sepanjang 3-10 Januari 2024 sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem, yakni hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

BMKG juga mengimbau masyarakat dan seluruh instansi terkait, terutama yang berada di kawasan curam, bergunung, atau tebing untuk ekstra waspada. Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, mengatakan bahwa daerah bertopografi curam, bergunung, tebing, atau rawan longsor dan banjir harus tetap waspada terhadap dampak akibat cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

BMKG menyebutkan bahwa terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, seperti monsun Asia Musim Dingin, Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO), hingga Aktivitas Gelombang Rossby. Monsun Asia Musim Dingin atau musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Selain itu, MJO saat ini dilaporkan sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah. Guswanto juga menyebutkan bahwa faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi cuaca ekstrem adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Kondisi dinamika atmosfer tersebut menimbulkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di hampir seluruh wilayah Indonesia. Daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem antara lain Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Exit mobile version