Berita  

Tanda-tanda Kiamat Semakin Dekat Jelas Terlihat dari Daun

Gregory Goldsmith dari Chapman University di California bersama timnya menemukan bahwa beberapa bagian hutan tropis mendekati batas suhu kritis, mengganggu proses fotosintesis. Pohon di hutan tropis dapat melakukan proses fotosintesis pada suhu hingga 46,7 derajat Celcius, tetapi kemampuan spesies berbeda tergantung pada populasi hutan, jumlah daun di pohon, dan kanopi.

Studi ini dilakukan dengan menggunakan data dari sensor ECOSTRESS NASA untuk mengukur suhu permukaan Bumi dan menganalisis temperatur di kanopi hutan. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian kecil daun di hutan tropis mencapai suhu di atas batas kritis, yang dapat mengakibatkan berhentinya proses fotosintesis. Penutupan stomata pada daun untuk menghemat air selama suhu terlalu panas juga dapat menyebabkan kerusakan pada daun.

Simulasi menjelaskan bahwa jika pemanasan global melebihi 3,9 derajat Celcius, seluruh hutan tropis dapat mengalami kematian pohon secara bertahap. Oleh karena itu, peneliti menekankan pentingnya menekan emisi dan mencegah deforestasi untuk melindungi hutan tropis.