Berita  

Bos ChatGPT Bicara Terus Terang tentang Islamophobia dalam Konteks Konflik Israel-Hamas

CEO OpenAI Sam Altman menyerukan empati terhadap komunitas Muslim dan Arab di industri teknologi AS. Menurutnya, banyak dari mereka merasa tidak nyaman untuk berbicara tentang pengalaman mereka akibat dampak perang di Gaza. Altman juga menanggapi pertanyaan pengguna X terkait pengalaman komunitas Yahudi, di mana dia menyatakan bahwa dia juga percaya akan pentingnya menanggulangi anstisemitisme. Namun, ia juga menyatakan bahwa tidak melihat hal yang sama terjadi pada umat Islam.

Antisemitisme dan Islamofobia telah meningkat tajam di AS dan negara lain sejak konflik antara Hamas dan Israel meletus. Serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 22.000 warga Palestina menurut data kementerian kesehatan Gaza. Insiden yang dimotivasi oleh Islamofobia dan bias terhadap warga Palestina dan Arab juga meningkat sebesar 172% di Amerika dalam dua bulan terakhir setelah perang dimulai.

Sam Altman mendesak industri teknologi untuk memperlakukan anggota komunitas Muslim dan Arab dengan empati, dan juga meminta untuk memperhatikan meningkatnya tingkat antisemitisme dan Islamofobia di masyarakat.

Exit mobile version