Berita  

Pencipta ChatGPT Mengaku Beragama Yahudi, Membela Muslim yang Ditekan

Bos OpenAI, Sam Altman mendukung komunitas Muslim dan Yahudi di industri teknologi. Menurutnya, ada perbedaan antara keduanya. OpenAI adalah perusahaan yang menciptakan teknologi kecerdasan buatan GPT, yang kemudian digunakan sebagai fondasi layanan chatbot ChatGPT.

Dalam akun Twitter, Altman menjelaskan bahwa komunitas Muslim dan Arab di industri teknologi Amerika Serikat tidak nyaman berbicara soal pengalaman baru-baru ini, terutama terkait dampak perang di wilayah Gaza. Dia juga mengaku bahwa sebagai Yahudi, dia mendapat dukungan yang berbeda dengan yang dialami umat Islam.

Perang di wilayah Gaza telah meningkatkan tingkat antisemitisme dan Islamofobia di Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya. Menurut Dewan Hubungan Amerika-Islam, insiden-insiden terkait Islamofobia dan bias pada warga Palestina serta Arab mengalami peningkatan di AS, bahkan mencapai 172% dibandingkan tahun sebelumnya.

Lebih dari 1.200 orang dilaporkan tewas akibat serangan Hamas terhadap Israel, sementara 22 ribu orang Palestina tewas akibat serangan Israel terhadap Gaza. Tindakan ini telah memicu peningkatan ketegangan dan perasaan tidak aman di kalangan komunitas Muslim dan Arab di industri teknologi.