Berita  

Analisis Kinerja Anies Baswedan Pasca Debat Calon Presiden 2024 di Media Sosial, Perhatikan!

Analisis Kinerja Anies Baswedan Pasca Debat Calon Presiden 2024 di Media Sosial, Perhatikan!

Anies Baswedan menjadi calon presiden yang paling banyak dibicarakan setelah Debat Capres 2024 berlangsung pada Minggu (7/1) lalu. Menurut laporan Drone Emprit dari analisis selama periode 7 Januari pukul 22.00 WIB hingga 8 Januari pukul 23.59 WIB, Anies menjadi capres yang paling banyak disebutkan di media sosial (dulunya Twitter), yakni sebanyak 442.382 kali. Di urutan kedua ada Prabowo Subianto dengan total sebanyak 409.472 mention. Sedangkan Ganjar Pranowo mendapatkan 341.603 mention.

Selama periode hingga sehari setelah Debat Capres 2024, Anies juga mendapatkan sentimen positif paling besar sebanyak 71%, diikuti oleh Ganjar 69% dan Prabowo 31%. Sementara sentimen negatif paling besar diraih Prabowo sebanyak 64%, sementara Anies sebanyak 23%, dan Ganjar paling sedikit dengan 17%.

Ada beberapa sentimen positif yang dikumpulkan Anies, seperti julukan El Chef, apresiasi karena rajin melakukan live di TikTok, dan berhasil menyerang Prabowo dalam debat. Namun, Anies juga mendapatkan sentimen negatif terkait sikapnya yang dianggap arogan saat menyerang Prabowo secara personal, serta adanya narasi bahwa posisi Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta berkat bantuan Prabowo. Anies juga dianggap mengindikasikan bahwa Indonesia tak boleh hadir sebagai penonton di konferensi internasional.

Viralnya video yang menunjukkan pendukung paslon nomor urut 2 meneriaki Anies juga mendatangkan sentimen positif bagi capres nomor urut 1 tersebut.

Artikel Selanjutnya

Debat Capres 2024: Anies Kuasai Medsos, Viral Hotline Paris

(fab/fab)

Exit mobile version