Berita  

Ganjar Menjadi Sumber Ketenangan bagi Anies dan Prabowo, Netizen Memberikan Komentar Ini

Ganjar Menjadi Sumber Ketenangan bagi Anies dan Prabowo, Netizen Memberikan Komentar Ini

Obrolan tentang Debat Capres 2024 yang diselenggarakan pada Minggu (7/1) pekan lalu masih menjadi sorotan di media sosial hingga saat ini. Netizen banyak memberikan komentar mengenai pernyataan dari masing-masing calon presiden.

Laporan yang dibuat oleh Drone Emprit menunjukkan analisis di media sosial (sebelumnya Twitter) yang terjadi sejak 7 Januari pukul 22.00 WIB hingga 8 Januari pukul 23.59 WIB. Dalam laporan tersebut, Ganjar Pranowo menjadi calon presiden yang mendapat sentimen negatif paling sedikit dari netizen, yakni sebesar 17%. Disusul oleh Anies Baswedan sebesar 23%, dan Prabowo Subianto mendapat sentimen negatif terbanyak yaitu 64%.

Sementara itu, untuk sentimen positif dalam periode sehari pasca debat didominasi oleh Anies Baswedan sebanyak 71%. Ganjar menempati posisi kedua sebanyak 69% dan terakhir Prabowo 31%. Menurut laporan Drone Emprit yang dibagikan oleh pendirinya, Ismail Fahmi, di akun pribadinya, “Ganjar hadir untuk mendinginkan dua calon presiden lain.”

Peran Ganjar sebagai penghela napas menjadi salah satu opini publik di media sosial yang memberikan sentimen positif. Selain itu, narasi ‘Let Him Cook’ ramai menyoroti Ganjar yang dinilai berhasil menguasai debat dan melancarkan serangan kepada Prabowo tentang data. “Ganjar dianggap sebagai pemain terbaik (man of the match),” tulis laporan tersebut.

Lebih lanjut, Ganjar dinilai memiliki pemahaman dan data yang lengkap berdasarkan pengalamannya di lembaga eksekutif dan legislatif. Ada juga bahan candaan untuk Ganjar yang menambah ekspos gimik positif, yakni ‘Mamat Gunshop’. Istilah ini muncul karena Ganjar dan cawapres Mahfud MD tampil dengan busana unik ala film Top Gun.

Prabowo yang beberapa kali sependapat dengan pernyataan Ganjar juga menghasilkan sentimen positif bagi calon presiden nomor urut 3 tersebut. Selain itu, Ganjar dinilai berani memberikan nilai 5 kepada kinerja Menteri Pertahanan Prabowo.

Kendati demikian, bukan berarti Ganjar sepenuhnya lepas dari sentimen positif. Meskipun porsinya paling kecil dibandingkan dua calon presiden lain, ada beberapa komentar netizen yang dinilai menjadi berdampak negatif terhadap Ganjar. Salah satunya, Ganjar dan Anies dianggap menyerang personal terhadap Prabowo. Hal tersebut dinilai mempermainkan orang yang lebih tua.

Pemintaan Ganjar untuk membuka data dalam waktu 1 menit juga mendapat sorotan negatif dari netizen, berdasarkan analisis Drone Emprit.

Exit mobile version