Berita  

Satelit Baru Milik Telkom Akan Diluncurkan ke Antariksa Bulan Depan Menggunakan Roket Elon Musk

Telkom akan meluncurkan satelit baru pada bulan Februari 2024 mendatang. Roket Falcon 9 milik perusahaan Elon Musk, SpaceX akan digunakan untuk membawa satelit tersebut. Peluncuran satelit akan dilakukan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Informasi ini diungkapkan oleh Ahmad Reza, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom.

Telkom bekerja sama dengan perusahaan Thales Alenia Spaces untuk satelit barunya. Perusahaan tersebut, yang berbasis di Perancis, akan menjadi kontraktor utama yang bertanggung jawab atas desain, konstruksi, pengujian, dan pengiriman satelit ke lokasi peluncuran. Selain itu, Thales Alenia Space juga akan bertanggung jawab selama tahap peluncuran dan fase orbit awal (LEOP), pengujian performa satelit setelah mencapai orbitnya, dan memberikan dukungan pada sistem pengendalian satelit dari stasiun pengendali.

Perusahaan ini juga akan melatih tim engineer Telkomsel untuk mengoperasikan satelit selama beroperasi. Mereka juga akan memberikan konsultasi teknis satelit sepanjang masa pakai satelit Telkom.

Setelah peluncuran pada Februari 2024, satelit diharapkan dapat beroperasi pada bulan April 2024. Satelit ini akan menjadi satelit ketiga milik Telkom setelah Telkom 4 dan Merah Putih.